Contoh KOSP TK PAUD format word dan pdf


Contoh KOSP TK PAUD format word dan pdf. Kurikulum operasional yang digunakan di satuan pendidikan dikembangkan dan dikelola oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Struktur Kurikulum. Kurikulum operasional yang dikembangkan harus menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah. Dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum operasional, satuan pendidikan sebaiknya melibatkan komite sekolah dan masyarakat.

 

Dalam penyusunan kurikulum operasional atau KOSP TK PAUD, satuan pendidikan perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum operasional. Prinsip pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ini memuat analisis karakteristik satuan pendidikan, penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, pengorganisasian  pembelajaran, perencanaan pembelajaran, serta pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional. Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan format dan sistematika penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan.

 

Panduan pengembangan kurikulum operasional KOSP TK PAUD di satuan pendidikan merupakan dokumen  yang berisi prinsip dan contoh strategi untuk memandu satuan pendidikan mengembangkan kurikulum operasionalnya. Kurikulum operasional dikembangkan dan dikelola denganmengacu kepada struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah dan menyelaraskannya dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah.

 

Dalam menyusun kurikulum operasional KOSP TK PAUD,  satuan pendidikan diberikan wewenang untuk menentukan format dan sistematika penyusunannya. Panduan meliputi komponen minimal  yang ditetapkan oleh Kementerian dalam  regulasi yang mengatur Struktur Kurikulum Merdeka dan satu komponen tambahan, yaitu pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional yang dapat dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang siap untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan.

 

Sebagaimana diketahui,  regulasi yang mengatur struktur Kurikulum Merdeka pada TK PAUD disusun berdasarkan:  Kerangka dasar dan struktur yang ditetapkan secara nasional; dan  Visi, misi, dan karakteristik satuan pendidikanStandar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan yang menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum sebagaimana yang dimaksud pada regulasi yang mengatur struktur Kurikulum Merdeka meliputi: Standar kompetensi lulusan;  Standar isi; Standar proses; dan Standar penilaian pendidikan. Struktur Kurikulum yang ditetapkan oleh Pemerintah menjadi acuan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum menuju tercapainya profil pelajar Pancasila dapat ditambahkan dengan kekhasan satuan pendidikan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan. Struktur  kurikulum ini berisi kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

 

Sebelum admin membagikan Download Contoh Dokumen KOSP TK PAUD format word dan pdf, perlu diketahui bahwa Prinsip Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP TK PAUD) adalah 1) Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. 2) Kontekstual , menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB). 3) Esensial , yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.4) Akuntabel , dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual. 5) Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan  pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan, antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.

Download Contoh Dokumen KOSP TK PAUD  2022 2023 2024


Bagi yang membutuhkan silahkan Download Contoh Dokumen KOSP TK PAUD format word dan pdf melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link Download Contoh Dokumen KOSP TK PAUD format word dan pdf (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Download Contoh KOSP TK PAUD format word dan pdf. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post