PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2022

Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022


Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Program Beasiswa Santri Berprestasi yang selanjutnya disingkat PBSB adalah program bantuan beasiswa pendidikan bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang unggul, kompetitif serta memiliki potensi akademik yang baik untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan tinggi.

 

Apa saja Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 ? Ada dua jenis Persyaratan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, yakni Persyaratan Umum dan Persyaratan Berkas. Persyaratan Umum Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, yakni:

1.  Santri Warga Negara Indonesia.

2.  Santri  yang  berasal  dari  Pesantren  yang  telah  terdaftar  di  Kementerian  Agama,  yang dibuktikan  dengan  kepemilikan  Nomor  Statistik  Pesantren  (NSP)  yang  terdaftar  pada Kementerian Agama.

3.  Santri yang berasal dari Satuan Pendidikan (MAS/PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly) yang diselenggarakan  oleh  Pesantren  dan/atau  (MAN/SMA/SMK)  yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.

4.  Santri  mukim  minimal  3  (tiga)  tahun  berturut-turut  yang  dibuktikan  dengan  Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir).

5.  Memiliki  akhlaq  terpuji  dan  layak  mengikuti  seleksi  PBSB  yang  direkomendasikan  oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.

6.  Memiliki kemampuan berbahasa Arab.

7.  Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.

8.  Memiliki  wawasan  dan  komitmen  implementasi  nilai-nilai  keislaman  yang rahmatan lil’alamin.

9.  Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai nasionalisme, patriotisme serta integritas.

10.  Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.

11.  Pilihan Program Sarjana (S1):

a.  Santri  tingkat  akhir  atau  santri  lulusan  tahun  2020,  2021  dan  2022  pada  Satuan Pendidikan  Muadalah  (SPM),  Pendidikan  Diniyah  Formal  (PDF),  Pendidikan Kesetaraan  pada  Pondok  Pesantren  Salafiyah  (PKPPS),  Madrasah  Aliyah  Swasta (MAS), Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah  Kejuruan  (SMK)  yang  diselenggarakan  dan/atau  terintegrasi  dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.

b.  Berusia maksimal (per 1 Juli 2022): 

1)  20 (dua puluh) tahun untuk santri tingkat akhir pada MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pondok Pesantren (lahir pada tanggal 1 Juli 2002, 2 Juli 2002, dan seterusnya);

2)  23  (dua  puluh  tiga)  tahun  untuk  santri  lulusan  SPM/PDF/PKPPS  (lahir  pada tanggal 1 Juli 1998, 2 Juli 1998, dan seterusnya).

12.  Pilihan Program Magister (S2):

a.  Santri Sarjana yang berasal dari SPM/PDF/PKPPS dan MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan  dan/atau  terintegrasi  dan/atau  berada  di  lingkungan  Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pondok Pesantren.

b.  Berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun per-tanggal 1 Juli 2022.

 

Ketentuan dan Persyaratan Tambahan:

1.  Pilihan Program Studi pada Universitas Indonesia, Depok:

a.  Santri  yang  dinyatakan  lulus  seleksi  PBSB  tahap  2  (Wawancara/Tes Lisan),  harus mengikuti Seleksi Tahap 3 (Tes Seleksi Masuk UI / SIMAK UI).

b.  Santri  yang  dinyatakan  lulus  seleksi  PBSB  tahap  2  mendaftarkan  dirinya  secara mandiri di aplikasi SIMAK UI pada laman: https://penerimaan.ui.ac.id/.

c.  Santri yang mendaftar SIMAK UI membayar biaya pendaftaran secara mandiri (PBSB tidak membiayai pendaftaran SIMAK UI).

d.  Pengumuman  kelulusan  seleksi  SIMAK  UI  akan  diinformasikan  secara resmi  oleh Kementerian Agama.

2.  Pilihan Program Magister Informatika pada UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta:

a.  Lulusan  S1  atau  Sarjana  Terapan  (D-IV)  dengan  latar  belakang  keilmuan  semua jurusan,  dibuktikan  dengan  (minimal)  Surat  Keterangan  Lulus.  Lulusan  perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan salinan/fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah dari Kemenristekdikti/Kementerian Agama yang dilegalisir;

b.  IPK minimal 3.00 (dengan melampirkan transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang dilegalisir);

c.  Lulus dari Prodi yang terakreditasi;

d.  Lulus dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam PD-Dikti;

e.  Memiliki proposal rencana penelitian untuk tesis;

f.  Surat Rekomendasi dari pimpinan Pesantren asal santri sarjana;

g.  Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;

h.  Pernyataan  Kesiapan  Tinggal  di  Pesantren  sekitar  Perguruan  Tinggi  Mitra  saat menempuh studi;

i.  Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada).

 3.  Pilihan Program Magister Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Industri dan Bisnis Halal pada UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta:

a.  Lulusan S1 dan sederajat dengan latar belakang keilmuan semua jurusan, dibuktikan dengan (minimal) Surat Keterangan Lulus. Lulusan perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan  salinan/fotokopi  surat  keterangan  penyetaraan  ijazah  dari Kemenristekdikti/Kementerian Agama yang dilegalisir;

b.  Memiliki  dokumen  resmi  bukti  penguasaan  bahasa  Arab  atau  bahasa  Inggris  yang masih  berlaku  dengan  skor  sekurang-kurangnya  TOAFL  500,  TOEFL  ITP  450, TOEFL iBT 45, IELTS 5, atau TOEIC 500;

c.  IPK minimal 3.00 (dengan melampirkan transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang dilegalisir);

d.  Lulus dari Prodi yang terakreditasi;

e.  Lulus dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam PD-Dikti;

f.  Memiliki proposal rencana penelitian untuk tesis;

g.  Surat Rekomendasi dari pimpinan Pesantren asal santri sarjana;

h.  Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;

 

i.  Pernyataan  Kesiapan  Tinggal  di  Pesantren  sekitar  Perguruan  Tinggi  Mitra  saat menempuh studi;

j.  Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada).

 

Sedangkan Persyaratan berkas dokumen pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, adalah sebagai berikut

1.  Pilihan Program Sarjana (S1):

a.  Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;

b.  Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);

c.  Jika  santri  belum  memiliki  KTP  maka  bisa  digantikan  dengan  Scan  Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

d.  Scan Kartu Keluarga;

e.  Scan  Asli  Surat  Keterangan  Mukim  yang  ditandatangani  oleh  pimpinan  Pesantren (format terlampir);

f.  Scan  Asli  Surat  Rekomendasi  dari  Pesantren  asal  santri yang  ditandatangani  oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

g.  Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;

h.  Scan  Asli Salinan  Ijazah  Yang  Telah  Dilegalisir  atau  Surat  Keterangan  Lulus MAS/MAN/SPM/PDF/PKPPS/SMA/SMK bagi lulusan tahun 2020 dan 2021;

i.  Scan  Asli  Surat  Pernyataan  Kebenaran  Data  dan  Dokumen  yang  bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);

j.  Scan  Asli Piagam  atau  Sertifikat  Prestasi  Akademik  dan/atau  Non  Akademik  (jika ada).

 

2.  Pilihan Program Magister (S2):

a.  Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;

b.  Scan Asli Kartu Tanda Penduduk;

c.  Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

d.  Scan Kartu Keluarga;

e.  Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri sarjana yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

f.  Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat yang telah dilegalisir;

g.  Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang telah dilegalisir;

   h.  Proposal rencana penelitian untuk tesis;

i.  Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;

j.  Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada);

k.  Scan Asli Sertifikat resmi bukti penguasaan bahasa Arab atau bahasa Inggris yang masih  berlaku  dengan  skor  sekurang-kurangnya  TOAFL  500,  TOEFL  ITP  450, TOEFL  iBT  45,  IELTS  5,  atau  TOEIC  500  (untuk  pilihan  Program  Magister Interdisciplinary  Islamic  Studies  Konsentrasi  Industri  dan  Bisnis  Halal  pada  UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta);

l.  Scan  Asli Piagam  atau  Sertifikat  Prestasi  Akademik  dan/atau  Non  Akademik  (jika ada).

 

Tata cara Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 sesuai Petunjuk Teknis Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, adlah sebagai berikut.

1.  Terlebih dahulu, Pesantren dan santri memahami Program Studi, Perguruan Tinggi Mitra serta Domisili Kampus yang diminati dan yang akan dipilih.

2.  Terlebih dahulu, Pesantren dan santri mengikuti petunjuk pendaftaran yang disediakan pada aplikasi pendaftaran PBSB online.

3.  Terlebih  dahulu,  Pesantren  dan  santri  memahami  konsekuensi  dan  sanksi  jika  di kemudian hari santri mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi.

4.  Pendaftaran  PBSB  dilakukan  secara  online  melalui  aplikasi  pada  laman: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/ 

5.  Terlebih  dahulu  Pesantren  mendaftar  pada  link  pendaftaran  online  PBSB,  dengan memastikan  Nomor  Statistik  Pesantren  (NSP)  yang  dicantumkan  terdaftar  pada Kementerian Agama.

6.  Pesantren mendaftarkan santri yang akan mengikuti seleksi PBSB.

7.  Santri yang telah didaftarkan akan memiliki AKUN SANTRI.

8.  Santri  melengkapi  form  isian  dan  dokumen  sesuai  ketentuan  di  dalam  aplikasi pendaftaran PBSB online.

9.  Santri harus mengetahui dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam  proses  pengisian  data  dan  dokumen  yang  diisi  dan  diunggah/diupload  melalui AKUN SANTRI dengan format Portable Document Format (PDF), meliputi:

a.  Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;

b.  Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);

c.  Jika  santri  belum  memiliki  KTP  maka  bisa  digantikan  dengan  Scan  Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

d.  Scan Kartu Keluarga;

e.  Scan  Asli  Surat  Keterangan  yang  ditandatangani  oleh  pimpinan  Pesantren  (format terlampir);

f.  Scan  Asli  Surat  Rekomendasi  dari  Pesantren  asal  santri yang  ditandatangani  oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

g.  Scan Asli Nilai Raport 1 (satu) tahun terakhir;

h.  Scan  Asli Salinan  Ijazah  Yang  Telah  Dilegalisir  atau  Surat  Keterangan  Lulus MAS/MAN/SPM/PDF/PKPPS/SMA/SMK bagi lulusan tahun 2020 dan 2021;

i.  Scan  Asli  Surat  Pernyataan  Kebenaran  Data  dan  Dokumen  yang  bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);

j.  Scan  Asli Piagam  atau  Sertifikat  Prestasi  Akademik  dan/atau  Non  Akademik  (jika ada).

k.  Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;

10.  Kanwil Kementerian Agama Provinsi memverifikasi dan memvalidasi data dan dokumen santri.

11.  Kanwil Kementerian Agama Provinsi menolak pendaftaran jika terdapat ketidak sesuaian data dan dokumen santri.

12.  Kanwil  Kementerian  Agama  Provinsi  menerima  pendaftaran  berdasarkan  kesesuaian data dan dokumen santri dan memberikan Rekomendasi.

13.  Santri  yang  telah  melengkapi  data  dan  dokumen  pendaftaran  dapat  mencetak  bukti pendaftaran PBSB online (Formulir Registrasi) pada AKUN SANTRI.

14.  Santri yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mendapat notifikasi “SELAMAT…” di AKUN SANTRI pada aplikasi pendaftaran PBSB online.

15.  Santri yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi dapat mengunduh Kartu Peserta Seleksi PBSB  Tahap  1  dan  membuat  Surat  Pernyataan  Komitmen  yang  tersedia  di  AKUN SANTRI pada aplikasi pendaftaran PBSB online.

16.  Surat Pernyataan Komitmen harus bermaterai Rp.10.000,- dan ditandatangani oleh santri bersangkutan,  discan  rapih,  dapat  terbaca  dengan  jelas,  tidak  terpotong,  serta diunggah/diupload melalui  AKUN  SANTRI  dengan  format Portable Document  Format (PDF).

17.  Santri  yang  dinyatakan  lolos  Seleksi  Tahap  1  dapat mengunduh  Kartu  Peserta Seleksi PBSB Tahap 2 yang tersedia di AKUN SANTRI pada aplikasi pendaftaran PBSB online.

 

Tahapan Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022

1.  Seleksi Administrasi  :  Verifikasi dan Validasi Dokumen Pendaftaran.

2.  Seleksi Tahap 1  :  Tes Berbasis Elektronik.

3.  Seleksi Tahap 2  :  Tes Wawancara/Lisan Online (Daring).

4.  Seleksi Tahap 3  :  Tes SIMAK UI (Khusus santri pendaftar pada pilihan Universitas Indonesia).

  

Materi Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022

1.  Materi Tes Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik meliputi:

a.  Materi Potensi Akademik dan Substansi: 1)  Matematika; 2)  Ilmu Pengetahuan Alam; 3)  Biologi; 4)  Fisika; 5)  Sosial Humaniora; 6)  Sains dan Teknologi; 7)  Ilmu Komputer; 8)  Teknik Informatika; 9)  Industri dan Bisnis Halal.

 b.  Materi Bahasa: 1)  Bahasa Indonesia; 2)  Bahasa Arab; 3)  Bahasa Inggris.

 c.  Materi Kepesantrenan, Keagamaan, dan Kebangsaan: 1)  Substansi ilmu dan wawasan kepesantrenan; 2)  Substansi ilmu dan wawasan khazanah keagamaan; 3)  Substansi ilmu dan wawasan kebangsaan.

 

2.  Materi Tes Seleksi Tahap 2 – Tes Wawancara/Lisan Online (Daring) meliputi:

a.  Tes Qiraat wa Fahmul Kutub at-Turats (Tes Membaca dan Memahami Kitab Kuning) bagi seluruh peserta tes dengan materi uji yang dikuasai santri, meliputi kitab; Tafsir Jalalain, Bulughul Maram, atau Fathul Qarib;

b.  Tes Wawasan Kebangsaan bagi seluruh peserta tes;

c.  Tes  Tahfizh  Al-Qur’an untuk Program Studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu sesuai  hafalan  yang  dikuasai  santri  serta  jumlah  juz  (dapat  dilihat  pada  Daftar Persyaratan  Penguasaan  Hafalan  Al-Quran  dan  Nazhom  Alfiyah  Ibnu  Malik  pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB).

d.  Tes Bait Nazhom Alfiyah Ibnu Malik untuk Program Studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu  (dapat  dilihat  pada  Daftar  Persyaratan  Penguasaan  Hafalan  Al-Quran  dan Nazhom Alfiyah Ibnu Malik pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB);

e.  Tes Wawasan dan Peminatan Akademik untuk Program Studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu (dapat dilihat pada Bagan Tahap dan Materi Seleksi PBSB

 

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, silahkan download Petunjuk Teknis Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 (disini)

 

Demikian update informasi tentang Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment