Pendaftaran Rekrutmen Calon Guru Pengerak Angkatan 6 Tahun 2022


Surat Edaran SE GTK Kemendikbudristek Tentang Pendaftaran Rekrutmen Calon Guru Penggerak (Pengerak) Angkatan 6 Tahun 2022 disampaikan melalui Suraty bernomor: 0589/B3/GT.03.15/2021tentang Rekrutmen Calon Guru Pengerak Angkatan 6 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Sasaran Calon Guru Pengerak Angkatan 6 Tahun 2022.

 

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 6. Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

 

PGP angkatan 6 akan dilaksanakan pada sasaran 156 Kabupaten/Kota (daftar kabupaten/kota wilayah sasaran PGP angkatan 6 sebagaimana Lampiran 1). Pelaksanaan PGP angkatan 6 direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 6 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon guru penggerak melalui tahapan-tahapan seleksi.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut.

1. Sasaran calon Guru Penggerak angkatan 6 adalah guru sejumlah 8.000 orang pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

2. Selama pendidikan para guru tetap menjalankan tugas mengajarnya di sekolah masing-masing.

3. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

• tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai;

• tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

Registrasi akan dibuka mulai tanggal 10 Januari – 18 Februari 2022.

4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.  

5. Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak dapat dilihat pada Lampiran 2, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

Selanjutnya kami mohon Bapak/Ibu bersama dengan Tim PGP Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada guru-guru terbaik di wilayah Bapak/Ibu untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon guru penggerak. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui alamat surel: guru.penggerak@kemendikbud.go.id.

 

Selengkapnya silahkan baca Surat Edaran SE GTK Kemendikbud Ristek Tentang Pendaftaran Rekrutmen Calon Guru Pengerak Angkatan 6 Tahun 2022 melalui salinan dokumen yang terdapat di bawah ini

 



Link download Surat Edaran SE GTK Kemendikbudristek Tentang Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Tahun 2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Surat Edaran SE GTK Kemendikbud Ristek Tentang Pendaftaran Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post