Latest

BUKU PANDUAN PRAKTIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI BAGI GURU PPKN SMP MTS

Buku Panduan Praktis Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Bagi Guru PPKn SMP MTs


Buku Panduan Praktis Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Bagi Guru PPKn SMP MTs. Pendidikan merupakan upaya jangka panjang, namun bersifat lebih permanen. Pendidikan adalah tumpuan harapan untuk melahirkan Indonesia bebas korupsi dengan menguatkan perilaku antikorupsi, sehingga orang tidak ingin korupsi karena alasan yang melekat kuat dalam  jiwanya.

 

Harapan untuk mewujudkannya terletak pada individu guru yang menyadari penuh pentingnya perilaku antikorupsi bagi generasi mendatang, melalui keteladanan dirinya dan proses pendidikan yang efektif dan konsisten. Oleh karena itu, inilah saatnya untuk mengembalikan sekolah sebagai lokomotif penguatan budaya antikorupsi untuk jangka panjang. Kita awali dengan melakukan Pendidikan Antikorupsi yang dimotori oleh satuan pendidikan, yang kunci utamanya berada di tangan para guru.

 

Seyogyanya sebagai guru, kita tidak akan diam saja menunggu perbaikan datang dengan sendirinya. Kita harus tampil menyiapkan masa depan anak­anak yang kita didik agar bisa hidup di  zamannya lebih baik.

 

Berdasarkan Buku Panduan Praktis Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Bagi Guru SMP / MTs ada 4 kunci sukses dalam melakansakan Pendidikan Anti Korupsi di sekolah, yakni: 1) Posisikan diri sebagai bagian dari upaya pemberantasan korupsi. Yakinlah bahwa setiap manusia diciptakan dengan misi yang berbeda. Tapi dari tugas yang berbeda itu, muaranya adalah berbuat baik. Kebaikan yang dijalani pastilah diikuti dengan tantangan dan ujian ujian. Sekarang, tantangan kita adalah maraknya perilaku koruptif. Ini peluang bagi kita untuk menjadi solusi. Jika mau! 2) Kuatkan keyakinan anak terhadap prinsip hidup antikorupsi Tetaplah konsisten menguatkan keyakinan anak bahwa korupsi itu kejahatan luar biasa. Sebalik  nya perilaku antikorupsi itu adalah kebaikan berbalas kebaikan yang menenteramkan jiwa. Pahamkan anak tentang perlunya antikorupsi dan kuatkan nilai pembentuk perilaku antikorupsi. 3) Kondisikan pembelajaran dengan suasana berintegritas. Sebagai guru, fokuslah di ruang   belajar anak. Kondisikan pembelajaran sebagai wahana membangun perilaku antikorupsi secara konsisten.  Mulailah menjadi pribadi utuh yang antikorupsi. Jadilah teladan bagi anak ­anak anda di kelas. Ja  ngan mengharap kan orang lain menyelesaikan persoalan anda di kelas. Anda pegang kendali. 4) Pastikan proses pendidikan antikorupsi berjalan  konsisten. Gunakan instrumen untuk mengecek proses Pendidikan Antikorupsi berjalan konsisten. Evaluasi setiap waktu perkembangan perilaku anak.

 

Adapun prinsip yang harus dipegang dalam melaksanakan pendidikan anti korupsi adalah 1) Kebaikan bermanfaat untuk diri sendiri. Lakukan kebaikan untuk meraih hidup yang bermakna sesuai perintah agama. Bukan karena tuntutan kerja atau lingkungan, atau karena keinginan untuk memperbaiki sesuatu. Lakukan semata untuk memperbaiki diri sendiri. Semua manfaat kebaikan itu akan kita nikmati sendiri. 2) Tak perlu menunggu orang lain melakukannya. Kalau Anda menunggu orang lain dulu (pimpinan atau orang lain yang menjadi tokoh) untuk berbuat baik, tak tentu kapan terjadi. Karena kendalinya bukan pada Anda. Jangan lakukan yang kendalinya pada orang lain. Jangan menari dengan genderang orang lain. Sejarah selalu mencatat orang berintegritas. 3) Lingkungan seringkali tidak mendukung dan akan banyak hambatan. Ketika Anda melakukan kebaikan dan mengajak peserta didik atau sejawat melakukan hal yang sama, seringkali lingkungan tidak mendukung bahkan kerapkali menghambat. Jangan hanya mengharapkan Tuhan menghilangkan persoalan itu, tapi mintalah kekuatan diri untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Nelayan tangguh tidak lahir dari laut yang tenang. 4) Kuatkan prinsip hidup pribadi. Jadikan hidup berintegritas sebagai prinsip hidup diri pribadi, di manapun, kapanpun dan dalam suasana bagaimanapun. Kendali pada diri anda.

 

Lebih lengkap silahkan baca Buku Panduan Praktis Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Bagi Guru PPKn SMP / MTs agar bapak/ibu guru bisa menerapkan pendidikan anti korupsi di sekolah melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

 



Demikian informasi tentang Buku Panduan Praktis Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Bagi Guru PPKn SMP / MTs. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment