Latest

LATIHAN SOAL KSN IPA DAN MATEMATIKA SD TAHUN 2021 - 2022

 Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN IPA SD dan Soal KSN Matematika SD Tahun 2021


Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN IPA SD dan Soal KSN Matematika SD Tahun 2021 - 2022. Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN pada awalnya dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan nama ini terjadi pada tahun 2021 setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di indonesia.


Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.


Soal dan Pembahasan Soal KSN IPA SD dan Soal KSN Matematika SD Tahun 2021-2022


Bagaimana Contoh Soal dan Pembahasan KSN daring (online) IPA dan Matematika SD Tahun 2021 - 2022 ? Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah sejenis lomba keilmuan di bidang sains yang setiap tahun digelar Pemerintah Indonesia dalam rangka mencari pelajar-pelajar cerdas dan berbakat untuk diikutkan dalam kompetisi-kompetisi keilmuan tingkat dunia. Berbeda dengan “Indonesian Idol, Liga Dangdut Indonesia, ataupun Voice Indonesia” yang mengedepankan muatan entertainment, KSN dipandang memiliki gengsi dan bobot intelektual yang lebih tinggi. Percikan-percikan visionis-nya berdampak langsung bagi peningkatan mutu pendidikan daerah dan nasional. Hal ini karena KSN bertujuan, selain untuk menjaring pelajar-pelajar berprestasi yang akan dipersiapkan guna mengikuti Kompetisi Sains Internasional, juga menjadi ajang penilaian mutu pembelajaran sains di sekolah, daerah, dan provinsi. Bagi para guru –sebagai pembina langsung di tingkat sekolah– ajang KSN ini jelas merupakan tantangan tersendiri. Walau harus diakui bobot materi dan kualitas soal setingkat soal-soal kompetisi relatif jauh lebih sulit dibanding materi-materi yang biasa diajarkan di sekolah. Bahkan bisa dikatakan bahwa mayoritas sumber daya di sekolah belum mampu untuk menanganinya. Kualitas dan kapasitas guru pembina, referensi-referensi yang dimiliki sekolah, dukungan dana dalam pembinaannya, semuanya itu belum tersedia secara memadai. Inilah sesungguhnya yang merupakan kendala utama bagi kebanyakan sekolah untuk berperan aktif menyiapkan siswa didiknya guna mengikuti KSN.


Melalui Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini dapat dilihat dimana minat dan bakat dalam bidang akademik yang dimiliki seseorang. Untuk dapat menjadi juara dalam kompetisi ini bukan hal yang mudah apabila seseorang tidak mempersiapkan diri semaksimal mungkin, dari pengetahuan maupun pembelajaran.


Memahami Contoh Soal dan Pembahasan KSN IPA SD dan Soal KSN Matematika SD Tahun 2021 sangat diperlukan untuk mengenal dan memilih bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN) sehingga tidak sampai salah pilih bidang yang akan membuat membuat kesulitan diri sendiri. Kompetisi Sains Nasional (KSN)tersebut terdapat beberapa tahap penyeleksiannya.


Sebelum admin berbagi link download Contoh latihan Soal dan Pembahasan Spal KSN IPA SD dan Soal KSN Matematika SD Tahun 2021, berikut ini tips bagi kamu yang akan mengikuti KSN tahun 2020 agar kamu bisa lolos atau menjadi juara. Pertama, siapkan berbagai peralatan yang diperlukan saat nanti di ruang ujian. Termasuk hal lain yg diperlukan saat ujian atau mengganggu kita jika kita tidak menggunakannya. Misalnya jaket. Jangan seperti saya..Ketika OSP di daerah lembang, Cuacanya luarbiasa dingin, tapi aku lupa ga pake jaket. Otomatis kedinginan.


Kedua, siapkan mental “YAKIN” saat masuk ruangan. Jangan COBA2 buka materi lagi di dalam ruangan. Karena, itu menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri dan kurang yakin terhadap persiapan dan kemampuan kamu. Selain itu, itu bisa menyebabkan materi jadi buyar karena mental down. Jangan sampai terjadi! Ayo Yakin Kamu Bisa! Bahkan temen aku nyaranin baca komik sebelum mengerjakan ujian. Jangan lihat orang lain, jangan TERGODA oleh apa yang orang lain lakukan, baca materi dsb. PD aja. Apapun yang terjadi. PD aja. All iz well (inspirasi dari film 3 idiots). Jangan biarkan ketakutan yang tidak diperlukan menghinggapimu. Karena semuanya akan baik2 saja. Ga akan terjadi kiamat atau bencana kok kalo kamu ga bisa ngerjain KSN. Insya Allah. Optimis ajeu. Apapun yang terjadi, terima dan hadapi.


Ketiga, Jangan lupa baca doa. Doa tanpa usaha itu bohong, usaha tanpa doa itu sombong”Kutipan di atas mengingatkan kita bahwa antara usaha dan doa itu harus bersinergi. Tidak boleh dihilangkan salah satunya. Kita sebagai manusia harus usaha untuk mencapai sesuatu. Kita sebagai manusia harus berdoa kepada Yang Kuasa. Ingatlah, karena Dia yang selama ini telah membimbing kita. Kita harus sertai Dia di setiap langkah kita. Karena Dialah yang paling berhak atas diri kita. Kita seyogyanya mengingat dia kapanpun dan di manapun. Bahkan guruku memberi wejangan, ketika kamu masuk ruangan ujian, baca takbir 7 kali sampai duduk di kursi yang ditentukan.Berdoalah dengan penuh keyakinan. Yakinlah Allah bersama kita. Di setiap kesulitas pasti ada kemudahan (QS Al Insyirah)6. Ketika soal berada di tangan kita. Tetaplah sadar dan ingat. Tetap tenang. All iz well apapun yg terjadi. Baca soal dengan tenang dan jawab dulu yang menurut kamu bisa. Jawab dulu soal yang mudah. Jangan terus berkutat di soal yang sulit, karena itu akan membuat waktumu habis tanpa kamu sadari.


Keempat Cek waktu setiap saat. Sediakan waktu untuk mengecek soal dan memfinalisasi jawaban kita. Tandai jawaban yg ragu lalu yakinkan. Apapun hasilnya. Dan yang terakhir adalah Tawakal. Ketika kita sudah melakukan usaha dan doa yang terbaik. Yang perlu kita lakukan adalah Tawakal. Serahin semuanya kepada Allah semata apapun hasilnya.


Bagi Kamu yang memutuhkan link download Contoh Soal dan Pembahasan KSN IPA dan Matematika SD Tahun 2021 berikut ini admin bagikan link contoh KSN SD yang dapat digunakan sebagai latihan.


Link download Contoh Soal dan Pembahasan KSN IPA dan Matematika SD Tahun 2021 (disini)


Link download Contoh Soal dan Pembahasan KSN IPA dan Matematika SD Tahun 2021 (disini)


Demikian informasi tentang link download Contoh Soal dan Pembahasan Soal KSN IPA dan Soal KSN Matematika SD Tahun 2021 - 2022, semoga ada manfaatnya. Selamat belajar semoga Anda sukses menjadi juara OSN SD MI Tahun 2021-2022.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment