Latest

JUKNIS NATIONAL UNIVERSITY DEBATING CHAMPIONSHIP (NUDC) TAHUN 2021

Juknis National University Debating Championship  (NUDC) Tahun 2021


Petunjuk Teknis atau Juknis National University Debating Championship  (NUDC) Tahun 2021. Kompetisi debat berbahasa Inggris menjadi bagian penting dari pengembangan kompetensi mahasiswa di era global. Kegiatan ini menuntut pemahaman terhadap isu-isu terkini, kemampuan mengolah informasi, kemampuan berkomunikasi efektif dengan bahasa Inggris dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan-kemampuan tersebut dibutuhkan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang rasional dan berterima, dan berinteraksi dengan masyarakat internasional.

 

Menyadari pentingnya kompetisi debat bagi peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan kegiatan melalui kegiatan National University Debating Championship  (NUDC) sejak tahun 2008. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebinekaan bangsa dan budaya.

 

NUDC tahun 2021 mempertemukan 112 tim terbaik se-Indonesia. Dengan menggunakan format debat parlemen, NUDC menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement,  dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional. 

 

Institusi pendidikan di Indonesia sudah selayaknya melaksanakan kompetisi debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi. Sejalan dengan perkembangan zaman yang menuntut kecepatan, fleksibiltas, dan kemampuan beradapatasi dengan berbagai kondisi, NUDC dilaksanakan secara daring.

 

Petunjuk pelaksanaan atau Juknis National University Debating Championship  (NUDC) Tahun 2021 ini disusun agar penyelenggaraan NUDC di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik. Kepada semua pihak yang membantu tersusunnya petunjuk pelaksanaan ini kami mengucapkan terima kasih.

 



Link download Juknis National University Debating Championship  (NUDC) Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang Juknis National University Debating Championship  (NUDC) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




No comments:

Post a Comment