Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021


Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk Pendidikan dan Kebudayaan”. MAME 2021 merupakan nama dari Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tahun 2021. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

 

Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut, BPMPK menyelenggarakan fungsi: 1) Pengkajian model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 2) Perancangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 3) Pembuatan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,  4) Pendayagunaan sarana dan peralatan multimedia, 5) Fasilitasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 6) Evaluasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, dan 7) Pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.

 

Sehubungan dengan tugas dan fungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, BPMPK perlu mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu, program-program yang telah dilaksanakan beserta produk-produknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya pengguna mobile edukasi. Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah dengan melaksanakan pembuatan bahan ajar berbasis komunitas yang kita sebut dengan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi atau disingkat dengan MAME. Konsep utama diadakan MAME ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasi yang dikembangkan oleh komunitas”. 

 

MAME 2021 merupakan nama dari Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

 

Waktu dan Tempat Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 April 2021 sampai 31 Juli 2021 secara online.

 

Kegiatan Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Setelah kegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftaran dan pengumpulan hasil karya bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya MAME 2021 bagi peserta ditentukan selama 4 bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi di

http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame

 

Langkah Pendaftaran Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum

·         Kunjungi website resmi MAME kemudian mendaftar menjadi peserta http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame

·         Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan

·         Peserta mendapatkan konfirmasi email yang didaftarkan

·         Peserta diwajibkan: 

·         Melengkapi biodata

·         Mengunggah identitas bukti diri (kartu identitas dan foto diri)

·         Mengunggah karya yang diajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya

·         Mengunggah video demo karya dengan durasi 30-60 detik (contoh video bisa dilihat di web resmi lomba)

·         Upload ikon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai smartphone)

·         Peserta memberikan deskripsi atau sinopsis mengenai karya yang diunggah

·         Biodata, karya lomba, video demo, ikon dan deskripsi bisa diperbaharui dan diunggah ulang sampai batas akhir waktu pendaftaran. 

 

Persyaratan Peserta Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum

·         Warga Negara Indonesia (WNI)

·         Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia MAME melalui website, email, dan media sosial resmi MAME .

·         Kegiatan dibagi menjadi empat kategori yaitu : 

·         Kategori Pelajar : 

·         SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat Seleksi Karya Terbaik  masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.

·         Wajib melampirkan/mengunggah surat izin dari kepala sekolah untuk mengikuti MAME.

·         Apabila lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah

·         Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Seleksi Karya Terbaik

·         Guru pendamping wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah peserta.

·         Panitia akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.

·         Kategori Guru : 

·         Guru segala jenjang (SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat)

·         Pamong belajar, tutor keaksaraan, pendidik PAUD

·         Wajib melampirkan/mengunggah surat izin yang mencantumkan mata pelajaran yang diampu, dari atasan langsung untuk mengikuti MAME.

·         Jika lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus guru, pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik PAUD, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.

 

Kategori Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021. Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah dapat menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak digunakan dan dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi.

Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi yang disebut MAME 2021 dengan 4 kategori, yakni:

·         Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya

·         Kategori Guru bertema Mata Pelajaran

·         Kategori Umum bertema Virtual, dan

·         Kategori Umum bertema Game Edukasi.

 

Pelaksanaan kegiatan MAME 2021 ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.

 

Karakteristik Peserta

·         Perorangan atau kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak Seleksi Karya Terbaik)

·         Peserta yang pernah menjadi Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi peserta seleksi karya terbaik MAME pada kategori yang sama.

·         Peserta hanya boleh mengikuti satu kategori kegiatan.

·         Peserta yang tidak bersedia mengikuti Seleksi Karya Terbaik, akan diturunkan sebagai Kontributor

 

Persyaratan Karya

·         Satu karya yang diunggah dalam format APK (Android) dan HTML5. Jika peserta hanya mengunggah satu format saja, maka panitia berhak mendiskualifikasi.

·         Karya berupa konten mata pelajaran mencantumkan  nama mapel, topik, jenjang, dan tujuan pembelajaran. Sedangkan karya untuk konten umum mencantumkan topik, tujuan, dan sasarannya (semisal Pendidikan Khusus, Pendidikan Masyarakat Budaya atau Bahasa).  

·         Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta (dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjadi tanggung jawab peserta.  

·         Karya berupa aplikasi mobile yang bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id

·         Aplikasi mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet.

·         Aplikasi yang terkoneksi dengan server atau internet harus dapat dijalankan tanpa koneksi internet.

·         Aplikasi yang terkoneksi server harus menyertakan dokumentasi dan panduan instalasi, jika masuk kontributor, data di server harus dipindah ke server Kemdikbud.

·         Konten karya adalah kreasi original tanpa mengambil dari pihak ketiga.

·         Karya peserta tidak boleh lebih dari 200 MB. Jika karya melebihi ukuran tersebut, maka karya tidak bisa diunggah.

·         Karya belum pernah dipublikasikan.

·         Karya tidak mengandung unsur komersial

·         Karya belum pernah menjadi juara di lomba yang lain.

·         Karya wajib mencantumkan splash screen dengan logo standar yang telah disediakan oleh panitia (dapat diunduh di website resmi lomba), tetapi animasi dan musik boleh dimodifikasi dengan durasi maksimal 5 detik.

·         Tema karya tidak boleh sama  dengan karya yang sudah dipublish di m-edukasi.kemdikbud.go.id. (gunakan fitur pencarian pada portal m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk menghindari kesamaan pemilihan tema). Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Alfabet, Tata Surya, Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, Pengenalan huruf abjad/hijaiyah, Bangun Ruang dan Menangkal HOAX. Tema yang sama tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.

·         Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yang digunakan (apabila menggunakan aset dari pihak lain).

 

·         Pelajar : Berisi tentang sosial budaya (Misalnya : Pelajar Pancasila, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Budi Pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan Sejarah, dan lain-lain)

·         Guru : Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu dengan mencantumkan tujuan pembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat izin).

·         Umum Virtual : Umum Virtual dapat berupa Virtual Lab, Virtual Reality, atau Augmented Reality. Untuk karya Virtual Lab berisi simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasil pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan) dalam bentuk PDF.

·         Umum Game Edukasi : Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran, Membantu orang untuk mempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan, memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilan saat bermain. Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderung instruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.

·         Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatan lokal.

·         Peserta yang masuk Seleksi Karya Kontributor 25 peserta per kategori, menyertakan Source Code atau Resource guna keperluan sinkronisasi karya ke website resmi BPMPK untuk keperluan publikasi dan Seleksi Karya Terbaik.

·         Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka panitia berhak mendiskualifikasi. 

 

Ketentuan Umum Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021

Peraturan dan ketentuan umum dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut: 

·         Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia kegiatan.

·         Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya.

·         Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

·         BPMPK berhak mempublikasikan dan mendistribusikan 100 karya hasil seleksi kontributor dan karya terbaik. 

·         Keputusan panitia dan/atau tim selektor tidak dapat diganggu gugat.

 

Hadiah bagi pemenang Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021

Total keseluruhan penghargaan yang disediakan untuk semua kategori dalam MAME 2021 kurang lebih Rp. 358.000.000,-

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar

·         Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

·         Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

·         Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-

·         Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru

 

·         Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-

·         Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

·         Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

·         Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Virtual

·         Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-

·         Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

·         Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

·         Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Game Edukasi

·         Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-

·         Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-

·         Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

·         Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

 

Demikian informasi tentang Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. (Sumber: https://www.ainamulyana.com/2021/04/lomba-membuat-aplikasi-mobile-edukasi.html)



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post