Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk Pendidikan dan Kebudayaan”. MAME 2021 merupakan nama dari Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tahun 2021. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Dalam rangka melaksanakan
tugas tersebut, BPMPK menyelenggarakan fungsi: 1) Pengkajian model multimedia untuk
pendidikan dan kebudayaan, 2) Perancangan
model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 3) Pembuatan model multimedia untuk
pendidikan dan kebudayaan, 4) Pendayagunaan
sarana dan peralatan multimedia, 5) Fasilitasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan
dan kebudayaan, 6) Evaluasi
pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, dan 7) Pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.
Sehubungan dengan tugas dan
fungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, BPMPK perlu
mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yang
berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu, program-program yang telah dilaksanakan
beserta produk-produknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh
sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya pengguna
mobile edukasi. Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah
dengan melaksanakan pembuatan bahan ajar berbasis komunitas yang kita sebut
dengan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi atau disingkat dengan MAME. Konsep
utama diadakan MAME ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasi
yang dikembangkan oleh komunitas”.
MAME 2021 merupakan nama dari
Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi
(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum.
MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi
pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di
perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan.
Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenal
dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di
Indonesia.
Waktu dan Tempat Lomba Membuat
Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Pendaftaran
dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 April 2021 sampai 31 Juli 2021
secara online.
Kegiatan Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi
(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Setelah
kegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftaran
dan pengumpulan hasil karya bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya MAME
2021 bagi peserta ditentukan selama 4 bulan. Pendaftaran
dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai
daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta wajib
mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload)
karya di website resmi di
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame
Langkah Pendaftaran Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi
(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum
·
Kunjungi website resmi MAME kemudian
mendaftar menjadi peserta http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame
·
Akun user peserta adalah alamat email yang
didaftarkan
·
Peserta mendapatkan konfirmasi email yang
didaftarkan
·
Peserta diwajibkan:
·
Melengkapi biodata
·
Mengunggah identitas bukti diri (kartu
identitas dan foto diri)
·
Mengunggah karya yang diajukan beserta surat
pernyataan orisinalitas karya
·
Mengunggah video demo karya dengan durasi
30-60 detik (contoh video bisa dilihat di web resmi lomba)
·
Upload ikon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya
(ukuran sesuai smartphone)
·
Peserta memberikan deskripsi atau sinopsis
mengenai karya yang diunggah
·
Biodata, karya lomba, video demo, ikon dan
deskripsi bisa diperbaharui dan diunggah ulang sampai batas akhir waktu
pendaftaran.
Persyaratan Peserta Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi
(Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum
·
Warga Negara Indonesia (WNI)
·
Peserta diwajibkan aktif mengikuti
berita/informasi dari panitia MAME melalui website, email, dan media sosial
resmi MAME .
·
Kegiatan dibagi menjadi empat kategori yaitu
:
·
Kategori Pelajar :
·
SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat
Seleksi Karya Terbaik masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti
yang sah.
·
Wajib melampirkan/mengunggah surat izin dari
kepala sekolah untuk mengikuti MAME.
·
Apabila lolos ke Seleksi Karya Terbaik,
peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas dari kepala
sekolah
·
Panitia memberi fasilitas satu guru
pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Seleksi Karya Terbaik
·
Guru pendamping wajib membawa surat tugas
dari kepala sekolah peserta.
·
Panitia akan menanggung transportasi dan
akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
·
Kategori Guru :
·
Guru segala jenjang (SD, SMP, SMA/SMK atau
sederajat)
·
Pamong belajar, tutor keaksaraan, pendidik
PAUD
·
Wajib melampirkan/mengunggah surat izin yang
mencantumkan mata pelajaran yang diampu, dari atasan langsung untuk mengikuti
MAME.
·
Jika lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta
masih berstatus guru, pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik PAUD,
dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.
Kategori Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME)
untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021. Program mobile edukasi merupakan salah satu model
pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini
adalah dapat menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak digunakan dan
dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang
dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru
dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia
berbasis mobile edukasi, dalam bentuk kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi
yang disebut MAME 2021 dengan 4 kategori, yakni:
·
Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
·
Kategori Guru bertema Mata Pelajaran
·
Kategori Umum bertema Virtual, dan
·
Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Pelaksanaan kegiatan MAME 2021 ini dibagi dalam 4
tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya,
Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.
Karakteristik Peserta
·
Perorangan atau kelompok maksimal 3 orang
(panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak
Seleksi Karya Terbaik)
·
Peserta yang pernah menjadi Juara 1 Lomba
Aplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi peserta seleksi karya terbaik MAME
pada kategori yang sama.
·
Peserta hanya boleh mengikuti satu kategori
kegiatan.
·
Peserta yang tidak bersedia mengikuti Seleksi
Karya Terbaik, akan diturunkan sebagai Kontributor
Persyaratan Karya
·
Satu karya yang diunggah dalam format APK
(Android) dan HTML5. Jika peserta hanya mengunggah satu format saja, maka
panitia berhak mendiskualifikasi.
·
Karya berupa konten mata pelajaran
mencantumkan nama mapel, topik, jenjang, dan tujuan pembelajaran.
Sedangkan karya untuk konten umum mencantumkan topik, tujuan, dan sasarannya
(semisal Pendidikan Khusus, Pendidikan Masyarakat Budaya atau Bahasa).
·
Karya adalah hasil ide dan kreasi original
peserta (dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjadi
tanggung jawab peserta.
·
Karya berupa aplikasi mobile yang
bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id
·
Aplikasi mobile yang dimaksud
adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone atau
tablet.
·
Aplikasi yang terkoneksi dengan server atau
internet harus dapat dijalankan tanpa koneksi internet.
·
Aplikasi yang terkoneksi server harus
menyertakan dokumentasi dan panduan instalasi, jika masuk kontributor, data di
server harus dipindah ke server Kemdikbud.
·
Konten karya adalah kreasi original tanpa
mengambil dari pihak ketiga.
·
Karya peserta tidak boleh lebih dari 200 MB.
Jika karya melebihi ukuran tersebut, maka karya tidak bisa diunggah.
·
Karya belum pernah dipublikasikan.
·
Karya tidak mengandung unsur komersial
·
Karya belum pernah menjadi juara di lomba
yang lain.
·
Karya wajib mencantumkan splash
screen dengan logo standar yang telah disediakan oleh panitia (dapat
diunduh di website resmi lomba), tetapi animasi dan musik boleh dimodifikasi
dengan durasi maksimal 5 detik.
·
Tema karya tidak boleh sama dengan
karya yang sudah dipublish di m-edukasi.kemdikbud.go.id. (gunakan fitur
pencarian pada portal m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk menghindari kesamaan
pemilihan tema). Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Alfabet,
Tata Surya, Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, Pengenalan huruf
abjad/hijaiyah, Bangun Ruang dan Menangkal HOAX. Tema yang sama tidak akan
diikutsertakan dalam proses seleksi.
·
Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan
mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yang
digunakan (apabila menggunakan aset dari pihak lain).
·
Pelajar : Berisi tentang sosial budaya
(Misalnya : Pelajar Pancasila, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Budi
Pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan Sejarah, dan
lain-lain)
·
Guru : Berisi tentang materi
pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu dengan mencantumkan tujuan
pembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat izin).
·
Umum Virtual : Umum Virtual dapat berupa
Virtual Lab, Virtual Reality, atau Augmented Reality. Untuk karya
Virtual Lab berisi simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan
menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasil
pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan) dalam bentuk PDF.
·
Umum Game Edukasi : Berisi tentang
aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran, Membantu orang untuk
mempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan,
memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilan
saat bermain. Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderung
instruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalaman
yang menarik dan menyenangkan.
·
Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatan
lokal.
·
Peserta yang masuk Seleksi Karya Kontributor
25 peserta per kategori, menyertakan Source Code atau Resource guna
keperluan sinkronisasi karya ke website resmi BPMPK untuk keperluan publikasi
dan Seleksi Karya Terbaik.
·
Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada
satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebih
dari satu kategori, maka panitia berhak mendiskualifikasi.
Ketentuan Umum Lomba
Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021
Peraturan dan ketentuan umum
dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
·
Panitia tidak menerima komplain keterlambatan
dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia kegiatan.
·
Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum
batas akhir pengumpulan karya.
·
Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon
peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetapkan.
·
BPMPK berhak mempublikasikan dan
mendistribusikan 100 karya hasil seleksi kontributor dan karya terbaik.
·
Keputusan panitia dan/atau tim selektor tidak
dapat diganggu gugat.
Hadiah bagi pemenang Lomba
Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021
Total keseluruhan penghargaan yang disediakan untuk
semua kategori dalam MAME 2021 kurang lebih Rp. 358.000.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar
·
Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·
Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·
Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-
·
Peringkat
4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru
·
Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
·
Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·
Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·
Peringkat
4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Virtual
·
Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
·
Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·
Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·
Peringkat
4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Game Edukasi
·
Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
·
Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
·
Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
·
Peringkat
4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Demikian informasi tentang Lomba
Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. (Sumber: https://www.ainamulyana.com/2021/04/lomba-membuat-aplikasi-mobile-edukasi.html)