Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022

 

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 dan Pembahasan atu Kunci Jawabannya, pada dasarnya Ujian Sekolah (US) SMA dan/atau Ujian Madrasah (UM) MA merupakan Penilaian oleh Satuan Pendidikan. Adapun yang dimaksud Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, bertujuan untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran, dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah.

 

Penilaian akhir yang dimaksud adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester dan/atau akhir tahun, sedangkan ujian sekolahadalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. Ujian sekolah digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Cakupan penilaian Akhir Semester adalah seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester ganjil, sedangakan cakupan materi pada penilaian Akhir Tahun adalah seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester ganjil dan semester genap pada tingkatan kelas yang sama. Hasil penilaian Akhir Tahun tidak mempengaruhi dan/mengubah penilaian pada penilaian semester ganjil.

Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan digunakan untuk melakukan perbaikan dan/atau penjaminan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Dalam rangka perbaikan dan/atau penjaminan mutu pendidikan, satuan pendidikan menetapkan kriteria ketuntasan minimal, kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan dari satuan pendidikan. Semua kriteria ini harus dituangkan dalam dokumen KTSP.

 

Sebagian bagian dari Penilaian oleh Satuan Pendidikan, Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 atau Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 perlu dirumuskan prinsip-prinsip penilaian yang dapat menjaga agar orientasi penilaian tetap pada framework atau rel yang telah ditetapkan. Penilaian harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut.

 

1. Sahih

Agar penilaian sahih (valid) harus dilakukan berdasar pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Untuk memperoleh data yang dapat mencerminkan kemampuan yang diukur harus digunakan instrumen yang sahih juga,yaitu instrumen yang mengukur apa yang seharusnya diukur.

 

2. Objektif

Penilaian tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai. Karena itu perlu dirumuskan pedoman penilaian (rubrik) sehingga dapat menyamakan persepsi penilai dan meminimalisir subjektivitas. Apalagi penilaian kinerja yang memiliki cakupan, otentisitas, dan kriteria penilaian sangat kompleks. Untuk penilai lebih dari satu perlu dilihat reliabilitas atau konsistensi antar penilai(inter-rater reliability) untuk menjamin objektivitas setiap penilai.

 

3. Adil

Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, gender, dan hal-hal lain. Perbedaan hasil penilaian semata-mata harus disebabkan oleh berbedanya capaian belajar peserta didik pada kompetensi yang dinilai.

 

4. Terpadu

Penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. Penilaian merupakan proses untuk mengetahui apakah suatu kompetensitelah tercapai? Kompetensi tersebut dicapai melalui serangkaian aktivitas pembelajaran. Karena itu penilaian tidak boleh terlepas apalagi melenceng dari pembelajaran. Penilaian harus mengacu pada proses pembelajaran yang dilakukan.

 

5. Terbuka

Prosedur penilaian dan kriteria penilaian harus terbuka, jelas, dan dapat diketahui oleh siapapun. Dalam era keterbukaan seperti sekarang, pihak yang dinilai dan pengguna hasil penilaian berhak tahu proses dan acuan yang digunakan dalam penilaian, sehingga hasil penilaian dapat diterima oleh siapa pun.

 

6. Menyeluruh dan Berkesinambungan

Penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik atau peserta didik. Instrumen penilaian yang digunakan, secara konstruk harus merepresentasikan aspek yang dinilai secara utuh. Penilaian dilakukan dengan berbagai teknik dan instrumen, diselenggarakan sepanjang proses pembelajaran, dan menggunakan pendekatan assess- ment as learning, for learning, dan of learning secara proporsional.

 

7. Sistematis

Penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Penilaian sebaiknya diawali dengan pemetaan. Dilakukan identifikasi dan analisis KD (kompetensi dasar), dan indikator ketercapaian KD. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis tersebut dipetakan teknik penilaian, bentuk instrumen, dan waktu penilaian yang sesuai.

 

8. Beracuan kriteria

Penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria. Artinya untuk menyatakan seorang peserta didik telah kompeten atau belum bukan dibandingkan terhadap capaian teman-teman atau kelompoknya, melainkan dibandingkan terhadap kriteria minimal yang ditetapkan. Peserta yang sudah mencapai kriteria minimal disebut tuntas, dapat melanjutkan pembelajaran untuk mencampai kompetensi berikutnya, sedangkan peserta didik yang belum mencapai kriteria minimal wajib menempuh remedial.

 

9. Akuntabel

Penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Akuntabilitas penilaian dapat dipenuhi bila penilaian dilakukan secara sahih, objektif, adil, dan terbuka, sebagaimana telah diuraikan di atas. Bahkan perlu dipikirkan konsep meaningful assessment. Selain dipertanggung jawabkan teknik,prosedur,dan hasilnya, penilaian juga harus dipertanggung jawabkan kebermaknaannya bagi peserta didik dan proses belajarnya.

 

Manfaat Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 atau Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 sebagian bagian dari Penilaian oleh Satuan Pendidikan ditujukan untuk siswa, guru dan sekolah. Agar supaya kita mengetahui kemajuan tindakan pembelajaran yang telah kita jalankan, tanpa proses menilai maka keberhasilan pembelajaran tidak dapat diukur. Penilaian mempunyai makna ditinjau dari berbagai segi diantaranya bagi siswa, bagi guru dan bagi sekolah. Apa saja manfaatnya?

 

1. Makna bagi siswa.

Melalui penilaian, siswa dapat mengetahui sejauhmana telah berhasil mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru. Apakah siswa merasa puas atau tidak puas atas hasil yang diperolehnya. Bila hasilnya memuaskan akan menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi sementara bila hasil tidak memuaskan maka ia akan berusaha agar penilaian berikutnya memperoleh hasil yang memuaskan.

 

2. Makna bagi guru

Berdasarkan hasil penilaian, bagi guru dapat: 1) Dapat mengetahui siswa mana yang sudah berhak melanjutkan pelajarannya dan siswa mana yang belum berhasil menguasai bahan. 2) Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa atau belum, apabila materi tepat maka diwaktu akan datang tidak perlu diadakan perubahan. 3) Guru akan mengetahui metode yang digunakan sudah tepat atau belum. Jika hasil yang diperoleh sebagian besar siswa mendapatkan nilai bagus maka metode sudah tepat sebaliknya bila sebagian besar hasil yang diperleh siswa buruk maka metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan kalau perlu diganti.

 

 

3. Makna bagi sekolah

Keberhasilan guru dan siswa melaksanakan pembelajaran akan berdampak positif bagi sekolah, dengan demikian penilaian bagi sekolah dapat : 1) Mengetahui kondisi belajar yang diciptakan oleh sekolah sesuai dengan harapan atau belum. Hasil belajar merupakan cermin kualitas suatu sekolah. 2) Untuk mengetahui tepat tidaknya kurikulum yang dipakai. 3) Untuk dapat mengetahui kemajuan perkembangan penilaian dari tahun ke tahun sehingga menjadi pedoman bagi sekolah untuk tindakan selanjutnya.

 

 

Menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 berikut ini Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 dan Pembahasan atu Kunci Jawabannya semoga dapat digunakan sebagai sarana latihan dan untuk menambah wawasan para siswa SMA serta dapat pula digunakan sebagai persiapan dalam menghadapi SBMPTN.

 

A. Kumpulan Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Progam IPA Tahun 2022 Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 Pembahasan (PDF)


Berikut ini Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Progam IPA Tahun 2022 Kurikulum 2013 dan Pembahasan (PDF)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMA Tahun 2021/2022 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMA Tahun 2021/2022 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (BACA DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Inggris SMA Tahun 2021/2022 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Inggris SMA Tahun 2021/2022 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (BACA DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Matematika SMA Tahun 2021/2022 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Matematika SMA Tahun 2021/2022 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa ( DISINI)

       Download Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 mata pelajaran PPKN Program IPA Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia Podi Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris Prodi Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika SMA Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika Peminatan Prodi Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Biologi SMA Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Fisika SMA Program IPA Tahun 2018 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Kimia Program IPA Tahun 2018 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Ekonomi Lintas Minat Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Geografi Lintas Minat Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Satra Indonesia Lintas Minat Program IPA Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

 

Berikut ini Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Progam IPA Tahun 2022 Kurikulum 2006 (KTSP) dan Pembahasan (PDF)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMA Tahun 2021/2022 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMA Tahun 2021/2022 Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Inggris SMA Tahun 2021/2022 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Inggris SMA Tahun 2021/2022 Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa ( DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Matematika SMA Tahun 2021/2022 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

       Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Matematika SMA Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa Tahun 2021/2022 Versi 2 (BACA DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program IPA Kurikulum 2006 - KTSP (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPA Kurikulum 2006 - KTSP (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika Program IPA Kurikulum 2006 - KTSP (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Biologi Program IPA Kurikulum 2006 - KTSP (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Fisika Program IPA Kurikulum 2006 - KTSP (DISINI)

       Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Kimia Program IPA /2020 Kurikulum 2006 - KTSP (DISINI)

 

B. Kumpulan Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Progam IPA Tahun 2022 Kurikulum 2013 dan Kkurikulum 2006 Pembahasan (PDF)

 

Kumpulan Naskah Soal Asli USBN SMA Program IPS Kurikulum 2013 (KTSP) format pdf

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA 2022 mata pelajaran Matematika Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA dan Ujian Madrasah (UM) MA 2022 mata pelajaran Matematika Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

        Download Latihan Soal USBN PPKn SMA Program IPS Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Program IPS Tahun 2021/2022 Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Ekonomi Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Geografi Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Sosiologi Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Fisika Lintas Minat Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Kimia Lintas Minat Program IPS Kurikulum 2013 (DISINI)

 

Kumpulan Naskah Soal Asli USBN SMA Program IPS Kurikulum 2006 (KTSP) format pdf

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMA Tahun 2021/2022 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMA Tahun 2021/2022 Versi 2 (BACA DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Inggris SMA Tahun 2021/2022 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Inggris SMA Tahun 2021/2022 Versi 2 (BACA DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Matematika SMA Tahun 2021/2022 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Matematika SMA Tahun 2010/2022 Versi 2 (BACA DISINI)

        Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Program IPS Tahun 2021/2022 Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika Program IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Sosiologi Program IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Sejarah Program IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 mata pelajaran Ekonomi Program IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Geografi Program IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 PPKN Prodi IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

        Download Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 PAI Prodi IPS Kurikulum 2006 (DISINI)

 

 

C. Kumpulan Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Progam Bahasa Tahun 2022 (Kurikulum 2013) dan Pembahasan (PDF)


Berikut Ini Soal Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 untuk Jurusan Atau Program Studi Bahasa

        Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Indonesia Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Tahun 2022 mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI)

        Latihan Soal Ujian Sekolah SMA Tahun 2022 mata pelajaran Matematika Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran MATEMATIKA Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran ANTROPOLOGI Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA ARAB Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA JEPANG Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA JERMAN Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA MANDARIN Prodi Bahasa (Disini)

        Soal dan kunci jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 Mata Pelajaran BAHASA PRANCIS Prodi Bahasa (Disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Ujian Sekolah (US) SMA Tahun 2022 dan Latihan Soal Ujian Madrasah (UM) MA Tahun 2022 dan Pembahasan atu Kunci Jawabannya, Semoga ada manfaatnya, untuk persiapan menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah atau ujian Akhir Sekolah yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Terima kasih telah menyempatkan berkunjung ke blog ini. Buat kamu siswa kelas 12 SMA selamat belajar, semoga sukses.



= Baca Juga =



1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post