Latest

LATIHAN SOAL AKM LITERASI SD MI KELAS 4 – 5 DAN KUNCI JAWABANNYA ATAU PEMBAHASANNYA

Latihan Soal AKM Literasi SD MI Kelas 4 – 5 dan kunci jawabannya atau Pembahasannya


Latihan Soal AKM Literasi SD MI Kelas 4 – 5 dan kunci jawabannya atau Pembahasannya. Sebagaimana diketahui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu sistem pendidikan tidak hanya berorientasi pada pencapaian siswa dalam menguasai materi pelajaran dan nilai ujian akhir, apapun sebutannya. Keberhasilan sistem pendidikan lebih difokuskan pada pencapaian kompetensi siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Terlebih pada era transformasi pendidikan abad ke-21, dimana arus perubahan menuntut siswa menguasai berbagai kecakapan hidup yang esensial untuk menghadapi berbagai tantangan abad ke-21 dimana siswa memiliki kecakapan belajar dan berinovasi, kecakapan menggunakan teknologi informasi, kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat.

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi murid. Pengertian minimum untuk menunjukkan literasi membaca dan numerasi merupakan kompetensi yang setidak-tidaknya harus dimiliki untuk seseorang dapat berfungsi secara produktif dalam kehidupan. Konten yang diukur bersifat esensial serta berkelanjutan lintas kelas maupun jenjang. Tidak semua konten pada kurikulum diujikan. Istilah minimum juga memaknai bahwa konten yang diukur bukanlah seluruh konten pada kurikulum namun konten yang esensial.


AKM berbeda dengan UN. Berikut penjelasan setiap beberapa pembeda AKM dan UN: 1) Tujuan penyelenggaraan AKM/AN dan Ujian Nasional tidak sama. Seperti yang telah dijelaskan pada topik dan aktivitas sebelumnya, AKM / AN bertujuan untuk mengevaluasi mutu sistem pendidikan di Indonesia, sedangkan Ujian Nasional bertujuan untuk mengevaluasi capaian hasil belajar siswa secara individu. 2) AKM / AN diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, dan pendidikan menengah atas. Ini termasuk MI, MTS dan MAN, serta program kesetaraan. Sementara UN berlaku mulai jenjang pendidikan menengah pertama dan atas saja. 3) AKM / AN tidak diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan sebagaimana Ujian Nasional, melainkan di tengah jenjang pendidikan. Yaitu pada kelas 5, 8, 11. Hal ini dilakukan untuk mendorong guru dan sekolah melakukan tindak lanjut perbaikan mutu pembelajaran setelah mendapatkan hasil laporan AN. Jadi bukan sekedar untuk mengetahui capaian hasil belajar siswa sebagai salah satu syarat kelulusan. 4) Pada pelaksanaannya, AKM / AN menggunakan metode survei. Metode survei dilakukan dengan mengambil sampel siswa diambil secara acak dari setiap sekolah. Berbanding terbalik dengan Ujian Nasional yang menggunakan metode sensus dimana semua siswa di seluruh Indonesia wajib mengikutinya. 5) Model soal asesmen yang diberikan dalam AKM/AN lebih bervariasi bukan sekedar pilihan ganda dan uraian singkat sebagaimana yang diberikan dalam UN. 6) Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca dan numerasi. Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat. Sementara Ujian Nasional berbasis mata pelajaran yang memotret hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu. Hal inilah yang terkadang memberi kesan mata pelajaran yang penting dan kurang penting dalam pendidikan. Dalam hal ini, AKM memotret kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai mata pelajaran. 7) Metode penilaian AKM/AN dan UN pun berbeda meskipun keduanya berbasis komputer. AKM/AN menggunakan metode penilaian Computerized Multistage Adaptive Testing (MSAT). MSAT ialah metode penilaian yang mengadopsi tes adaptif, dimana setiap siswa dapat melakukan tes sesuai level kompetensinya.


Latihan Soal AKM Literasi SD MI Kelas 4 – 5 dan kunci jawabannya atau Pembahasannya. Apakah perlu siswa SD mengikuti latihan khusus Soal AKM Literasi SD MI Kelas 4 – 5 untuk menghadapi pelaksanaan AKM? Sebenarnya tidak perlu, karena kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal AKM akan terbina dengan sendiri apabila para guru di sekolah sudah membiasakan kegiatan literasi, berpikir kritis, dan menerapka kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam proses pembelajaran.

 

Asesmen literasi membaca dan numerasi pada AKM dapat ditinjau dari 3 komponen (aspek) yaitu: konten, proses kognitif, serta konteks. Dalam pelaksaannya selain ada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Juga ada survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid dan survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Itulah sebabnya disebut Asesmen Nasional (AN).

 

Bagi yang mau mengenal contoh soal AKM Literasi SD, berikut ini contoh atau Latihan Soal AKM Literasi Kelas 4 – 5 SD MI, yang bertujuan sebagai bahan Siswa siswi SD dalam mengenal Soal-soal AKM SD/MI, serta barguna bagi para guru sebagai referensi dalam pembutan soal AKM di sekolahnya masing-masing sebagai bahan proses pembelajaran.

 

Mesti tahu ya, Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

a. Pilihan ganda, murid hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.

b. Pilihan Ganda Kompleks, murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

c. Menjodohkan, murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

d. Isian singkat, murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.

e. Uraian, murid menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Selengkapnya berikut ini ini contoh atau Latihan Soal AKM Literasi SD MI Kelas 4 – 5 dan kunci jawabannya atau Pembahasannya.

 



Baca Juga Latihan Soal AKM Numerasi Kelas 4 – 5 SD MI dan Kunci jawaban atau Pembahasannya(DISINI)

 

Demikian inmformasi tentang contoh atau Latihan Soal AKM Literasi SD MI Kelas 4 – 5 dan kunci jawabannya atau Pembahasannya. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



4 comments: