Latest

MACAM PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)

Macam Contoh Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Macam Contoh Perangkat Lunak Komputer (Software)


Macam Contoh Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Macam Contoh Perangkat Lunak Komputer (Software). Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

 

Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS awalnya dibuat untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkit Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan dapat memainkan catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.

 

Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat komputer dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi disebut sebagai server.

 

Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menghasilkan komputer yang sangat murah menjadi mungkin. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis, dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan lembarang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah dikostumisasi komputer dapat digunakan untuk banyak pekerjaan lain.

 

Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur program, ditemukan cara mengaplikasikan mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan sistem rem anti terkunci di mobil). Saat abad ke-21 dimulai, kebanyakan alat listrik, bentuk angkutan bertenaga, dan batas produksi pabrik dikuasai di sisi komputer. Kebanyakan insinyur memprediksikan bahwa ini akan terus berkembang.

 

Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Pada materi ini kita akan membahas Macam Contoh Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Macam Contoh Perangkat Lunak Komputer (Software). Simak ya, mudah-mudahan ada manfaatnya.

 

A.      Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Perangkat keras komputer atau dikenal dengan hardware adalah segala bentuk piranti atau komponen dari komputer yang bisa dilihat bentuk fisiknya oleh mata dan juga bisa diraba secara langsung. Hardware terdiri dari empat bagian yaitu input device (perangkat masukan), processor device (perangkat pemroses), output device (perangkat keluaran), dan storage device (perangkat penyimpanan).

1.   Perangkat masukan (input device)

Input device atau perangkat masukan adalah semua perangkat komputer yang berfungsi sebagai perantara untuk  memasukkan data-data yang akan diproses oleh sistem komputer. Data-data yang dimasukkan bisa berupa teks, suara, gambar, video, program dan data-data yang lain. Contoh input device adalah keyboard, microphone, scanner, mouse, trackpen, camera, CD, dan lain-lain..

 

2.   Perangkat pemroses (processor device)

Data yang telah masuk pada komputer tidak bisa menjadi informasi yang bermanfaat bila tidak diproses terlebih dahulu, oleh karena itu di dalam komputer ada perangkat yang bernama processor device. Processor device berfungsi untuk melakukan proses dan pengolahan atas segala data yang masuk agar bisa menjadi informasi yang bermanfaat yang kemudian ditampilkan melalui perangkat keluaran (output device). Bagian komputer yang bertugas melakukan pemrosesan disebut dengan Central Processing Unit (CPU).

Dalam komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro processor yang mana berbentuk chip yang berisi ribuan sampai jutaan IC (intregrated circuit). Fungsi daripada CPU bekerja dengan aritmatika dan logika. Dalam CPU ini ada bagian yang bernama Arithmetical Logical Unit (ALU) dan control unit (CU) yang mana kedua bagian tersebut akan dibahas dibagian yang lain.

 

3.   Perangkat keluaran (output device)

Output device berfungi untuk menerima dan menampilkan informasi dari pengolahan data yang telah diproses oleh microprocessor sehingga bisa dilihat atau ditampilkan. Keluaran bisa berupa teks, gambar, suara, video dn lainya. Contoh perangkat keluaran adalah monitor, printer, speaker, dan sebagainya..

 

4.   Perangkat penyimpanan (storage device)

Storage device  atau perangkat penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data mentah dari perangkat masukan maupun data matang yang telah diproses oleh CPU. Penyimpanan data yang dilakukan oleh komputer ada yang bersifat sementara dan ada yang bersifat tetap. Bila data yang ada di dalam komputer disimpat pada perangkat penyimpanan sementara maka data tersebut akan hilang bila komputer dimatikan, namun bila data disimpan pada media penyimpanan yang bersifat tetap maka data tersebut tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan.

 

Penyimpanan data yang bersifat sementara dilakukan oleh primary storage (penyimpanan utama), ini biasa dilakukan oleh RAM (Random Access Memory). Primary storage bertugas untuk membaca, menulis, dan memproses data yang disimpan pada secondary storage. Ciri dari primary storage adalah mempunyai kecepatan tinggi, kapasitasnya tidak terlalu besar, bisa diakses langsung oleh CPU, dan penyimpanannya hanya bersifat sementara.

 

Secondary storage atau penyimpanan sekunder adalah media penyimpanan data hasil olahan dari komputer atau CPU. Storage jenis ini juga akan menyediakan berbagai jenis data yang nantinya akan diolah oleh Primary Storage. Ciri dari penyimpanan sekunder ini adalah memiliki kapasitas yang besar dan mampu menyimpanan berbagai jenis file data seperti gambar, dokumen, audio dan lain sebagainya, selain itu penyimpanan sekunder bersifat tetap.

 

Kedua jenis storage tersebut akan bekerja saling berhubungan untuk menghasilkan data yang dibutuhkan oleh si user nantinya. Komputer tidak akan bisa memproses atau mengolah data jika salah satu dari storage diatas tidak terinstall di perangkat komputer Anda. Contoh perangkat penyimpanan adalah harddisk, CD, flashdisk, disket dan lain-lain.

 

NO

Nama

Jenis

1

Keyboard

Perangkat masukan

2

Mouse

Perangkat masukan

3

Barcode reader

Perangkat masukan

4

Microphone

Perangkat masukan

5

Webcam

Perangkat masukan

6

Mainboard/motherboard

Perangkat pemroses

7

RAM

Perangkat pemroses

8

Soudcard

Perangkat pemroses

9

Soundcard USB

Perangkat pemroses

10

VGA Card

Perangkat pemroses

11

Printer

Perangkat keluaran

12

Speaker

Perangkat keluaran

13

Monitor

Perangkat keluaran

14

Hardisk internel

Perangkat penyimpanan

15

Hardisk eksternal

Perangkat penyimpanan

16

CD/DVD/

Perangkat penyimpanan

17

Disket

Perangkat penyimpanan

18

Flashdisk

Perangkat penyimpanan

19

Memory card

Perangkat penyimpanan

 

 

 

B.      Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat lunak (software) komputer adalah bagian dari sistem komputer yang tidak bisa dilihat dan dirasakan bentuk fisiknya berupa data-data elektronik yang disimpan dalam komputer dan bisa dioperasikan oleh pengguna komputer. Untuk lebih menambah wawasan mengetahui pengertian perangkat lunak bisa memahami beberapa pendapat para ahli tentang pengertian perangkat lunak di bawah ini.

1.   Menurut Roger S. Pressman (2002), pengertian software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh user-nya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.

2.   Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), pengertian software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

3.   Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

 

Perangkat lunak komputer intinya adalah berfungsi untuk menjalankan komputer atau sebagai jembatan antara komputer (perangkat keras) dengan pengguna komputer tersebut sehingga komputer bisa berfungsi sebagaimana yang diinginkan oleh pengguna (user). Secara lebih rinci, fungsi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

1.   Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan.

2.   Mengatur setiap perangkat keras yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.

3.   Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan perangkat keras yang ada pada komputer.

4.   Sebagai penerjemah suatu perintah perangkat kelunak  lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh perangkat keras.

5.   Mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.

 

C.      Macam-macam Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat lunak yang ada di dalam komputer sangat banyak karena memang setiap perangkat lunak mempunyai fungsi atau peran sendiri-sendiri. Perangkat lunak bisa dibedakan menurut jenis dan distribusinya.

1.   Perangkat lunak berdasarkan jenisnya

a.   Operating System (Sistem Operasi)

Operating system (OS) atau sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk memanajemen perangkat keras komputer agar bisa berfungsi serta untuk menjembatani software-software aplikasi agar bisa digunakan. Jadi tanpa sistem operasi maka perangkat keras komputer tidak akan bisa berfungsi dan perangkat lunak aplikasi tidak akan bisa dimasukkan ke dalam komputer.

Berikut beberapa fungsi dari sistem operasi:

1)   Sebagai Pengatur Hardware

2)   Menjalankan perintah dasar pada komputer

3)   Mengorganisir dan mengatur berbagai macam Aplikasi

4)   Menterjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis

5)   Untuk peran komputer yang lebih optimal

Perangkat lunak yang termasuk dalam golongan sistem operasi adalah Windows, Linux, DOS, UNIX, MacOS

 

b.   Programming Language (Bahasa Pemrograman)

Bahasa pemrograman yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Dengan kata lain bahasa pemrograman adalah software yang digunakan untuk membuat program komputer. Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic, C ++, C, Cobol dan lain-lain.

 

c.   Aplication Program (Program Aplikasi)

Program aplikasi adalah sebuah perangkat lunak komputer yang mempunyai fungsi tertentu misalnya untuk mengolah kata, mengolah kata, desain gambar, dan lain-lain. Contoh program aplikasi adalah Ms. Word, Ms. Excel, PDF Reader, Photosop, Corel Draw dan lain-lain.

 

2.   Perangkat lunak berdasarkan distribusinya

a.   Open Source

Open Source adalah program komputer yang kode sumbernya (kode-kode programnya) dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya program jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).

b.   Shareware

Shareware yaitu perangkat lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari). Bila merasa cocok dengan program tersebut maka pengguna bisa membelinya.

c.   Freeware

Freeware adalahu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.

d.   Adware

Adware adalah perangkat lunak yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer pengguna.

e.   Spyware

Spyware adalah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.

 

Demikian pembelajaran tentang Macam Contoh Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Macam Contoh Perangkat Lunak Komputer (Software). Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih, informasi sangat bermanfaat. Kami menunggu update informasi lainnya.

    ReplyDelete