Latest

LATIHAN SOAL TES PPPK GURU SD SMP SMA DAN PEMBAHASANNYA (KUNCI JAWABANNYA)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2021 2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya


Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya. Sebagaimana diketahui Pegawai Aparatur Sipil Negara atau disebut Pegawai ASN adalah Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan. Adapun yang dimaksud Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK adalah warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.


Apa diperlukan PPPK ? Ya, oleh karena itu setiap Instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PPPK berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Penyusunan kebutuhan jumlah PPPK dilakukan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang diperinci per 1 (satu) tahun berdasarkan prioritas kebutuhan. Penyusunan kebutuhan jumlah PPPK merupakan satu kesatuan dengan penyusunan kebutuhan PNS. Kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PPPK ditetapkan dengan Keputusan Menteri. Kebutuhan PPPK yang bekerja pada instansi pemerintah secara nasional ditetapkan oleh Menteri pada setiap tahun, setelah memperhatikan pendapat menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN.


Ada sedang membaca posting Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya. Lalu, Bagaimana Pengadaan PPPK guru dan PPPK lainnya. Pengadaan PPPK dilakukan melalui tahapan Perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi; dan pengangkatan menjadi PPPK. Pengadaan calon PPPK dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah melalui penilaian secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, kebutuhan Instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan. Pelaksanaan pengadaan calon PPPK mempertimbangkan kriteria: jumlah dan jenis jabatan, waktu pelaksanaan, jumlah Instansi Pemerintah yang membutuhkan, dan wilayah persebaran. Pengadaan PPPK dilakukan secara nasional berdasarkan perencanaan kebutuhan jumlah PPPK. Oleh karena itu, dalam menjamin objektivitas, Menteri menetapkan kebijakan pengadaan PPPK. Dalam melaksanakan kebijakan pengadaan PPPK, Menteri dapat membentuk panitia seleksi nasional pengadaan PPPK. Panitia seleksi nasional pengadaan PPPK mempunyai tugas mengoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan pengadaan PPPK oleh instansi Pembina JF dan panitia seleksi instansi pengadaan PPPK.


Pengumuman lowongan pengadaan PPPK dilakukan secara terbuka kepada masyarakat. Pengumuman dilaksanakan paling singkat 15 (lima belas) hari kalender. Pengumuman paling sedikit memuat: nama Jabatan, jumlah lowongan Jabatan, unit kerja penempatan/Instansi yang membutuhkan. kualifikasi pendidikan atau sertifikasi profesi, alamat dan tempat lamaran ditujukan, jadwal tahapan seleksi; dan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar. Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PPPK untuk JF dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan ;

b. tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

c. tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

d. tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

e. memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

f. memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan;

g. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar; dan

h. persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

 

Setiap pelamar harus memenuhi dan menyampaikan semua persyaratan pelamaran yang tercantum dalam pengumuman. Setiap pelamar berhak untuk memperoleh informasi tentang seleksi PPPK dari Instansi Pemerintah yang akan dilamar. Penyampaian semua persyaratan pelamaran diterima paling lama 10 (sepuluh) hari kerja sebelum pelaksanaan seleksi.

 

Bagaimana seleksi PPPK guru dan PPPK lainnya ? Seleksi pengadaan PPPK terdiri atas 2 (dua) tahap: seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran. Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan. Seleksi kompetensi teknis terdiri atas: Seleksi kompetensi untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi; dan Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi. Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan peringkat. Seleksi kompetensi teknis untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi dilakukan dengan uji kompetensi untuk menentukan ambang batas kelulusan dan peringkat.

 

Seleksi pengadaan PPPK dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas. Pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi. Khusus untuk Pelamar JPT utama tertentu dan JPT madya tertentu yang telah lulus seleksi pengadaan PPPK selain harus mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas juga harus mempertimbangkan masukan masyarakat sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

 

Selain itu, dalam hal diperlukan, panitia seleksi instansi pengadaan PPPK dapat melakukan uji persyaratan fisik, psikologis, dan/atau kesehatan jiwa dalam pelaksanaan seleksi kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan pada Instansi Pemerintah. Ketentuan lebih lanjut mengenai uji persyaratan fisik, psikologis, dan/atau kesehatan jiwa dalam pelaksanaan seleksi kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan pada Instansi Pemerintah diatur dalam Peraturan BKN.

 

Untuk kamu yang berlatih berikut ini Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya, semoga dengan banyak berlatih akan semakin membantu dalam mengerjakan soal-soal saat mengikuti seleksi PPPK nanti.

 

Latihan Soal Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK  (disini)

Latihan Soal Tes Kemampuan Manajerial dan Sosio Kultural Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK  (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Soal Pedagogik Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPA SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Seni Budaya SMP SMA Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya  (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPS SMP Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya  (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi  SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas - PJOK SD SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Pedagogik SD Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi Bahasa Indonesia Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi Matematika Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi IPA Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi PPKn Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD Materi IPS Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)


 

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya. Guru PPPK adalah guru bukan PNS yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas mengajar. Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah wujud negara hadir menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mereka mendapatkan penghasilan yang layak,


Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.


Kedudukan hukum PPPK sebagai ASN diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 dan turunannya pada PP 11 Tahun 2017, PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.


Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah pengelolaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk menghasilkan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.


Kedudukan PPPK sebagai ASN adalah: Menduduki jabatan pemerintahan, Jabatan ASN yang dapat diisi: JF & JPT Madya dan Utama tertentu, Diangkat dengan perjanjian kerja sesuai kebutuhan instansi, Memiliki NIP khusus PPPK secara Nasional, Melaksanakan tugas pemerintahan,  Usia paling rendah 20 thn dan paling tinggi setahun sebelum batas usia pensiun (58 Tahun), Masa kerja paling singkat 1 tahun, Gaji berdasarkan perundang-undangan,  Perlindungan: JHT, JamKes, JKK, JKM, BanHK

 

Mau jadi PPPK guru, yu berlatih dengan membaca Latihan Soal Tes PPPK Guru Tahun 2021. Sebagaimana diketahui Ditetapkannya PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK menjadi angin segar bagi warga negara Indonesia yang ingin mengabdi pada negara di luar jalur PNS. Banyak yang mengira bahwa PPPK ini adalah bentuk lain dari tenaga honorer, namun sebenarnya PPPK dan tenaga honorer adalah 2 hal yang sangat berbeda.

 

Tenaga honorer tidak secara otomatis menjadi PPPK, namun selama masa transisi 5 tahun ke depan mereka dapat diprioritaskan untuk mengikuti seleksi PPPK apabila memenuhi persyaratan yang ditentukan. Ditetapkannya payung hukum PPPK ini, diharapkan dapat menjadi salah satu jalan keluar bagi penyelesaian tenaga honorer.

 

Mau jadi PPPK guru, yu berlatih dengan membaca Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya. Tapi baca dulu nih 5 keuntungan menjadi PPPK.

1. Multi level entry

Tidak seperti PNS yang harus meniti karier dari jenjang jabatan terendah, PPPK dapat masuk melalui jenjang tertentu bahkan bisa langsung pada jenjang tertinggi pada jabatan yang dibutuhkan oleh organisasi sesuai kriteria jabatan yang ditentukan dalam PP Manajemen PPPK. Hal ini dimungkinkan karena adanya skema multi level entry dalam seleksi PPPK.

Jabatan yang dapat diisi oleh PPPK antara lain: JPT Utama Tertentu, dan JPT Madya Tertentu yang setara eselon I/a dan I/b, Jabatan Fungsional Tertentu pada semua jenjang jabatan serta jabatan lain yang terdapat dalam Badan Layanan Umum dan Badan Layanan Umum Daerah seperti perguruan tinggi negeri baru dan rumah sakit daerah.

 

2. Penghasilan yang didapat akan setara dengan PNS

Berbeda dengan honorer yang mendapat penghasilan kecil hingga ada yang di bawah UMR, PPPK akan mendapat penghasilan yang sama dengan PNS jika mengisi jabatan yang sama dengan PNS.

Apabila seorang PPPK mengisi jabatan guru jenjang madya, penghasilan yang akan diperoleh relatif sama dengan PNS yang menduduki jabatan tersebut. Jadi tidak akan ada lagi gap penghasilan yang signifikan antara PNS dan PPPK untuk jabatan yang sama. Komponen penghasilan yang didapat PPPK diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

3. Mendapat fasilitas yang sama dengan PNS

Selain besarnya penghasilan yang diterima, PPPK juga akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan PNS, antara lain: tunjangan kematian dan tunjangan kecelakaan kerja. Selain itu, PPPK juga berhak mendapatkan penghargaan apabila dapat menunjukkan kinerja yang baik

 

4. Batas usia pelamaran lebih panjang

Apabila dalam seleksi CPNS batas usia pelamaran ditentukan paling tinggi adalah 35 tahun dan 40 tahun untuk jabatan-jabatan tertentu, PPPK dapat melamar suatu jabatan ASN dengan batas usia pelamaran hingga 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan yang dilamar.

Misal: untuk jabatan fungsional guru yang batas usia jabatannya 60 tahun, maka batas usia pelamarannya hingga usia 59 tahun kurang (termasuk waktu yang dibutuhkan untuk proses seleksi).

Untuk pelamar yang lulus seleksi dengan usia 59 tahun, kontrak kerja akan diberikan selama 1 tahun hingga yang bersangkutan memasuki batas usia jabatan yang diisi.

Dengan adanya perpanjangan batas usia pelamaran ini, masyarakat yang tidak dapat mengikuti seleksi CPNS karena usianya telah di atas 35 tahun dapat mengikuti seleksi PPPK.

 

5. Dapat dikontrak hingga batas usia pensiun jabatan

Kontrak kerja bagi PPPK adalah minimal 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan organisasi hingga batas usia pensiun jabatan, dengan mempertimbangkan evaluasi kinerja setiap tahunnya. Apabila kinerjanya dinilai baik maka kontrak kerja yang bersangkutan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

 

Itulah 5 keuntungan menjadi PPPK. Apakah ada yang tertarik untuk mengabdi pada negara melalui jalur PPPK? Rekrutmen perdana PPPK direncanakan akan dilaksanakan di minggu ke-4 bulan Januari tahun 2021 ini loh, jadi bersiaplah untuk yang berminat daftar.

 

Untuk kamu yang berlatih berikut ini Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya, semoga dengan banyak berlatih akan semakin membantu dalam mengerjakan soal-soal saat mengikuti seleksi PPPK nanti.

 

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris  SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas PJOK SD SMP SMA SMK Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPA SMP Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPS SMP Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA SMK Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi  SMA SMK Tahun 2021-2022 (disini)

New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi  SMA SMK Tahun 2021-2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2021/2022 dan Pembahasannya atau Kunci Jawabannya. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih, informasi sangat bermanfaat. Kami menunggu update informasi lainnya.

    ReplyDelete