Latest

Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020

Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 dan Pembahasan

 

Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020. Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam yang terdiri dari 6 (enam) tingkat pada jenjang pendidikan dasar. Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini setara dengan Sekolah Dasar (SD) yang wajib ditempuh oleh seluruh anak-anak Indonesia.34 MI merupakan jenjang lanjutan setelah RA.


Pada jenjang madrasah ibtida’iyah ini siswa menerima pelajaran seperti halnya sekolah umum dengan tambahan pelajaran agama seperti FIQIH, Aqidah Akhlaq, alQur’an Hadits dan juga Bahasa Arab. Untuk pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam baru diberikan mulai kelas 3. Beberapa MI juga mewajibkan adanya tadarus alQur’an bagi siswanya dengan panduan dari guru al qur’an. Juga doa bersama maupun pembacaan asma’ul husna sebelum pelajaran dimulai ataupun hafalan surat-surat pendek sesuai dengan jenjang siswa.

 

Jadi Madrasah Ibtidaiyah adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah dasar yang pengelolaannya dilakukan oleh kementrian agama. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di tempuh dalam waktu 6 Tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dapat melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah atau Sekolah Menengah Pertama. Kurikulum madrasah Ibtidaiyah sama dengan kurikulum sekolah dasar, hanya saja pada MI terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan Agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti Al-Qu’an Hadits, Aqidah Akhlaq, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. Madrasah sebagai lembaga pendidikan merupakan wadah yang benar-benar memenuhi elemen-elemen institusi yang tidak terjadi pada lembaga-lembaga pendidikan lain. Tugas yang diemban oleh madrasah setidak-tidaknya mencerminkan sebagai lembaga pendidikan Islam yang lain.

 

Madrasah Ibtidaiyah sebagai suatu Lembaga Pendidikan Dasar Islam yang lebih modern, yang memadukan antara pendidikan pesantren dan sekolah., yang mana materinya mengintegrasikan agama dan pengetahuan umum. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam berfungsi menghubungkan sistem lama dan sistem baru dengan jalan mempertahankan nilai-nilai lama yang masih baik dan dapat dipertahankan dan mengambil sesuatu yang baru dalam ilmu, teknologi, dan ekonomi yang bermanfaat bagi kehidupan umat islam, sedangkan isi kurikulum madrasah pada umumnya sama dengan pendidikan di pesantren ditambah dengan ilmu-ilmu umum.


Dengan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, maka semuanya akan menjadi realistis dan sangat mungkin untuk dapat diwujudkan sehingga pendidikan memberikan sekian banyak dampak positif terhadap perjalanan kehidupan manusia sehingga semua orang membutuhkan pendidikan. Namun ada anggapan mengenai banyak orang sukses tanpa berbekal latar belakang pendidikan tinggi. Apa itu benar? Ya memang hal tersebut benar. Akan tetapi seseorang dengan berbekal pada ilmu akan membuatnya menjadi lebih mudah memahami situasi karena dengan ilmu seseorang lebih mengerti bagaimana cara mengejar impiannya dengan cara menerapkan ilmu-ilmu yang telah dimilikinya.


Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 ini berkaitan dengan 4 kompetensi guru yang harus dimiliki guru MI. Pertama terkait  Kompetensi Pedagogik, yakni merupakan kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Adapun kompetensi pedagogik meliputi: Mengenal anak didiknya, menguasai teori-teori tentang pendidikan, bahan pelajaran, macam-macam teknik dan metode pembelajaran, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.


Kedua Kompetensi Kepribadian ialah kemampuan individu atau personal yang mencerminkan kepribadian yang stabil, bijaksana, dewasa, berwibawa, dan dapat menjadi teladan bagi peserta didiknya serta memiliki akhlak yang mulia. Kompetensi kepribadian ini berkemampuan dalam mengaktualisasikan diri sebagai pendidik yang disiplin, jujur, berwawasan luas, bertanggung jawab dan dapat menjadi sumber inspirasi posirif bagi para peserta didiknya.


Ketiga Kompetensi Sosial, Ialah kemampuan guru dalam melakukan komunikasi baik lisan, tulisan maupun perbuatan kepada peserta didik, tenaga-tenaga kependidikan, wali murid, maupun masyarakat sekitar dengan cara yang efektif, ramah atau santun dan sesuai dengan adat dan norma yang berlaku. Selain itu, dalam kompetensi sosial ini, guru mampu bekerjasama dan beradaptasi dengan keanekaragaman suku dan budaya di tempat melaksanakannya tugas.

 

Keempat Kompetensi Profesional, merupakan kemampuan dalam penguasaan materi pembalajaran secara mendalam dan luas. Tidak hanya penguasaan materi pelajaran saja, namun juga penguasaan terhadap materi-materi kurikulum yang berlaku, konsep dan struktur keilmuan, masalah-masalah pendidikan dan wawasan yang memadai terhadap materi-materi yang bersangkutan.


Namun Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 lebih fokus terkait dengan kompetensi pedagogik dan Keempat Kompetensi Profesional karena kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MI Tahun 2020 hanya mencakup kedua aspek tersebut.


Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Literasi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Numerasi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Sains)

 

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Inggris)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Indonesia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Matematika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Biologi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Fisika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (BK)


Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA(Bahasa Inggris)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Bahasa Indonesia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Matematika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Biologi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Fisika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Kimia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Ekonomi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (BK) 


Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Pembahasan Soal AKG Guru MI Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment