Latest

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan

 

Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Madrasah Aliyah (MA) merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang ada saat ini. Jika melihat perkembangannya sekarang, maka MA juga tidak kalah saing dengan sekolah sederajat lainnya. Bahkan di beberapa kota, MA juga menjadi salah satu sekolah favorit bagi peserta yang ingin melanjutkan pendidikannya. Lantas apa saja kelebih dari MA ini.


Kelebihan Madrasah Aliyah (MA) dari jenjang sekolah ini adalah siswa akan diberikan pendidikan umum dan juga pendidikan agama. Persentase masing-masing pendidikan ini tentunya sama besar, sehingga diharapkan adanya keseimbangan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama yang diperoleh siswa. MA juga merupakan lembaga yang membentuk karakter anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadis. Harapannya anak yang telah lulu dari bangku MA ini dapat menjadi pribadi muslim yang memiliki akhlak sesuai dengan ajaran islam.


Sebagaimana dikatakan sebelumnya bawah Madrasah Aliyah merupakan lembaga pendidikan islam yang ada saat ini. Oleh sebab itu, melalui Madrasah ini setiap peserta didik memiliki kesempatan lebih baik untuk mengenal islam. Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) sama dengan kurikulum Sekolah Menengan Atas (SMA). Perbedaannya adalah SMA dikelola oleh Depdikbud sedangkan MA dikelola oleh Depag, dan terdapat tambahan mata pelajaran agama.


Selain Madrasah Aliyah (MA) ada juga Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) adalah bentuk satuan pendidikan formal yang setara / sederajat dengan SMA/SMK dan MA. Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dikelola dan dibina oleh Departemen Agama (Depag). Dalam hal mata pelajaran yang diberikan kepada siswa Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sama seperti pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Daftar nama jurusan yang diselenggarakan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) pun sama dengan SMK. Namun saat ini belum banyak Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang menyelenggarakan berbagai macam jurusan sebagaiman yang telah dilaksanakan olek Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).


Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Ada empat poin kompetensi yang harus dimiliki para guru. Sebagaimana yang telah diamanatkan, UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Empat kompetensi itu, yakni kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Keempatnya harus dimiliki oleh setiap guru dalam menunaikan tugasnya. Jadi guru itu harus bisa berinovasi, untuk bisa menciptakan anak didik yang mampu menggapai prestasi. Jika hal itu tidak dimiliki, maka jangan berharap prestasi bisa dimiliki. Seorang guru MA maupun MAK juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Dengan memanfaatkan media teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran diri seorang guru untuk kemudian diimplementasikan ke anak didik.


Sekarang ini, era digital maka guru dituntut untuk bisa menguasainya jika tidak ingin kalah oleh anak didiknya. Ajari anak-anak sesuai dengan zamannya dan jadilah guru yang kreatif, konstruktif dan mampu memanfaatkan media teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Juga seorang guru MA maupun MAK harus mampu menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat di sekitarnya, terlebih bagi guru-guru di madrasah ini. Mari kita tunjukan kalau guru madrasah juga mampu bersaing, dengan guru-guru lainnya. Sebab, tujuan utama guru mendidik dan menjadikan anak didiknya mampu meraih prestasi. Ibaratnya guru itu berada di kementerian malaikat, sehingga jangan sampai ada kesalahan yang diakibatkan oleh guru itu sendiri. Maka dalam memberikan pendidikan kepada anak didiknya, harus berhati-hati. Baik dalam bersikap maupun berbicara, karena itu akan menjadi tauladan bagi anak didik.


Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan merupakan sarana atau alat untuk mengukur atau menilai kompetensi yang dipersyaratkan sebagai guru terutama kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Hal ini disebabkan Indikator Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MTS Tahun 2020 hanya akan menguji masalah pedagogik dan profesionalisme guru.


Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Literasi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Numerasi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (Profesional-Sains)


Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Inggris)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Bahasa Indonesia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (Matematika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Biologi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (IPA-Fisika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MTS (BK)


Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Pedagodik)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA(Bahasa Inggris)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Bahasa Indonesia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Matematika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Biologi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Fisika)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Kimia)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (Ekonomi)

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (BK) 


Demikian informasi tentang Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment