Latest

Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN IPA MATEMATIKA dan IPS SMP Tahun 2021

Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN Daring IPA dan MATEMATIKA IPS SMP Tahun 2021

 

Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN Daring IPA MATEMATIKA dan IPS SMP Tahun 2021. Kompetis Sains Nasional (KSN) adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing. Kompetis Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.


Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN Daring IPA MATEMATIKA dan IPS SMP Tahun 2021 untuk membantu peserta KSN dalam belajar berkompetisi, bukan hanya dengan teman-temannya disekolah tetapi dengan sekolah lain. Memotivasi diri supaya rajin belajar dan menggali rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan yang disukainya misalnya sains. Dia bisa belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Belajar memahami arti menang dan kalah. Bila menang harus tetap membumi, sejatinya diatas langit masih ada langit, percuma juga sombong.Kalahpun nggak boleh patah arang, Mempertebal rasa percaya diri, .Belajar mengatur waktu dan skala prioritas. Serta belajar tentang kerja keras,kegigihan dan kesabaran. Karena untuk mencapai sesuatu semua perlu proses yang terkadang melelahkan. Nggak ada yang gabruk dari langit. Lebih dari itu untuk meningkatkan spiritual. Setelah semua usaha dilakukan, sekarang saatnya berdoa dan pasrah padaNYA. Nggak usah deh pake cara cara curang supaya menang. Jujur itu lebih hebat bro.

 

Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN Daring IPA dan MATEMATIKA IPS SMP Tahun 2021 untuk membantu calon peserta KSN dalam menguasai bidangnya dengan mantap karena persaingan yang sangat ketat dan materi yang tidak mudah disantap. Begitulah KSN. Tapi, ada tapi nya kok. Hal-hal di atas bukan sebuah penghalang untuk kita mencapai juara. Yakinlah banyak jalan menuju roma ibaratnya. Jika kita yakin dan mau berusaha, insya Allah bisa tercapai. Nah ini waktunya aku bahas strategi sukses jadi juara KSN.

 

Penting banget buat kamu yang akan ikut KSN. Dan ini tips sukses kamu di KSN tanpa bimbel lho! alias mandiri.

1. Tentukan tujuan kamu ikut KSN

Menentukan tujuan kamu ikut KSN itu merupakan hal penting. Kenapa? Karena kamu ikut KSN buat apa? Nah poin ini penting untuk memotivasi kamu agar bisa maju ke KSN. Kamu tinggal menentukan tujuan kamu ikut KSN tuh buat apa sih. Apa untuk sekedar menjadi juara, membanggakan sekolah, membahagiakan orang tua, dapet uang atau hanya sekedar ngejar gengsi :v Yang penting kamu harus punya tujuan. Dan terpenting kamu harus punya tujuan menjadi juara. Kamu harus bermental juara! Dan karena judul tulisan yang kamu baca pun tentang juarakan ? :v Yup kamu harus menjadi juara. Camkan itu! Dan aku sarankan, niatkan ikut KSN ini sebagai bentuk ibadah kepada-Nya dengan memberi manfaat kepada sesama. Agar Dia memberi kemudahan padamu. Aamiin.

 

2. Tentukan bidang yang akan kamu ambil

KSN memiliki sub bidang yang cukup banyak. ada 9 bidang diantaranya matematika, fisika, kimia, biologi, astro, komputer, kebumian, geografi dan ekonomi. Kamu bisa pilih bidang yang mana aja sesuai tujuan kamu. Lintas juga boleh. Kebetulan aku juga lintas dari ipa ke bidang berbau agak soshum, yaitu bidang kebumian. Tapi sebenarnya masih masuk ke ruang lingkup IPA. Nah, di poin ini juga sangat menentukan seberapa besar peluang kamu untuk menjadi juara. Jika kamu mau ikut KSN lebih karena minat kamu, misal, kamu minat fisika jadi kamu ikut KSN fisika. Boleh, tapi peluang kamu jadi juara harus dipertimbangkan lagi sesuai bobot kesulitan bidang yang kamu ambil. Nah, disini aku menyarankan kamu agar memilih bidang yang bobotnya tidak terlalu sulit jika kamu mau fokus menjadi juara dengan mudah. Contoh bidang yang berpeluang besar menjadi juara adalah kimia, astronomi, kebumian, geografi dan ekonomi karena bobot bidang tersebut tidak terlalu sulit dan persaingan tidak begitu ketat, itu juga gimana pribadi masing-masing sih. Tapi keputusan ada di tanganmu!

 

3. Sediakan waktu khusus untuk KSN agar kamu bisa Fokus

Setelah kamu menentukan bidang sesuai tujuan kamu, bersiaplah dari sekarang dengan menyisihkan waktumu untuk KSN. Persiapan yang baik untuk menggapai juara nasional itu bisa mencapai satu tahun lho, itu pengalaman dari salah satu medalis yang pernah aku baca. Makanya kamu harus fokus. Tapi jika kamu mengalami peristiwa kepepet, alias cuma punya waktu beberapa minggu lagi ke KSN misalnya. Kaya aku :v. Kamu harus mengoptimalkan waktu yang ada dengan efektif.kamu bisa coba belajar di saat dini hari misalnya pukul 03.00 atau setelah shalat tahajud, karena pada waktu itu otak kita masih fresh.

 

4. Cara belajar efektif untuk pemula dan para kepepeters

Untuk yang sudah menyiapkan KSN lebih awal, itu lebih bagus. Kamu punya lebih banyak waktu untuk bersiap dibanding yang lain. Kamu udah selangkah lebih maju dibanding sainganmu. Keep hamasah! Teruskan! Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah: Pastikan kamu sudah paham silabus materinya. Mulailah dari silabus KSN; Buat jadwal belajar yang strategis tanpa menggangu jadwal belajar sekolahmu; Review materi hingga kamu paham; Latihan soal-soal perbab materi; Latihan soal-soal lebih sulit. Seperti soal2 tipe KSN dan KSN; Percaya diri bisa lolos KSN. Insya Allah; Setelah lolos ke tahap selanjutnya. Perkuat pemahamanmu. Berdoa dan tawakkal. Yang memberi kesuksesan adalah Allah swt. Mintalah kepada-Nya. Dia Maha Kuasa dan Maha Kaya. Hargailah ilmu. Karena ilmu itu akan bermanfaat ketika kita bisa menghargainya dan menggunakannya. Ilmu itu sangat berharga karena dengan ilmu, manusia bisa belajar menjadu lebih baik. Betul apa betul?

 

Untuk para peserta, kamu cuma punya waktu beberapa minggu untuk belajar. Otomatis sebagian besar dari kamu belum bisa menjamin untuk bisa lolos KSN kan? Semuanya juga sih belum bisa. hehe. Tapi tenang, insya Allah ada jalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meraih juara :

1. Jangan lupa silabus materi harus kamu review, utamanya KSN. Karena kamu harus lolos dulu KSN untuk bisa maju ke tahap selanjutnya. Poin ini wajib kamu lakukan.

2. Buat jadwal belajar intensif sesuai waktu yang kamu punya.

3. Mulai belajar dari mengenali materi hingga paham khususnya materi dan soal KSN.

4. Disini kamu fokus lulus KSN dulu, gapapa belum menguasai semua materi, wajar karena belajarnya juga baru sebentar dan sedikit.

5. Kerjakan dan pelajari soal KSN tahun lalu. Biasanya soal KSN ga beda jauh dari soal KSN tahun sebelumnya.6. Kerjakan dan pelajari soal KSN tahun lalu. Biasanya soal diambil dari soal yang berada di tingkat lebih tinggi.

7. Tawakal. Berdoa kepada allah memohon yang terbaik. Yakinkan kepada-Nya bahwa kamu bisa! Mohon diberi kekuatan dan diberi juara. Tunjukan pada-Nya bahwa kamu bisa bertanggung jawab.

8. Percaya diri bisa lolos KSN.

 

9. Jika kamu lolos ke tahap KSN, kamu harus bertanggung jawab dengan posisi itu. Kamu harus bisa menyusul ketertinggalanmu, dan mulai bertekad menjadi juara lagi. Di tahap ini kamu harus benar benar paham materi yang kamu pelajari. Tahap KSN ini adalah tahap mengukur pemahaman kamu.

10. Jika kamu lolos ke tahap nasional, aamiin.Kamu harus benar benar menguasai bidang yang kamu pelajari. Karena kamu sedang memikul tanggung jawab yang besar dengan membawa nama baik sekolahmu kotamu dan provinsimu.

11. Berdoa dan tawakkal. Yang memberi kesuksesan adalah Allah swt. Mintalah kepada-Nya. Dia Maha Kuasa dan Maha Kaya.Salam sukses! Mudah-mudahan tulisan di secarik layar putih blog ini bisa memberi manfaat dan bisa membantu menggapai kesuksesanmu di KSN nanti. Aamiin.

 

Sebelum kamu mendownload Latiahan Soal dan Pembahasan KSN Daring IPA dan MATEMATIKA IPS SMP Tahun 2021, terlebih dahulu kamu harus mengetahui tujuan khusus KSN-SMP Tahun 2021, yakni 1) Untuk menyediakan wahana bagi peserta didik SMP MTs dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA dan IPS sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 2) Untuk memotivasi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;Memotivasi peserta didik SMP MTs dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA dan IPS dalam kehidupan sehari-hari; 3) untuk memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, IPA dan IPS di SMP dan atau yang sederajat;4) untuk memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. 5) untuk memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Yang juga perlu kamu tahu pelaksanaan KSN SMP tahun 2020 dilaksanakan secara daring atau online. Kegiatan KSN SMP tingkat kabupaten/kota adalah ajang kompetisi bagi peserta lomba yang mewakili sekolah. Dinas Pendidikan Kab./Kota menilai dan menentukan pemenang pada seleksi KSN tingkat kab./kota. Pemenang tingkat kabupaten/kota berhak mengikuti KSN SMP tingkat selanjutnya disahkan dengan SK Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Sedangkan Tingkat Nasional adalah kegiatan yang diikuti oleh siswa terbaik hasil seleksi KSN SMP tingkat Kabupaten/kota.

 

Sejak KSN SMP dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN SMP sudah tampak dan sudah menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan pendidikan sains mulai skala sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas dan tersebar di 34 provinsi, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS terutama dalam rangka Pelaksanaan Kompetisi / Olimpiade Sains Nasional (KSN) SMP mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

 

Lingkup materi Soal KSN SMP Tahun 2021 didasarkan kepada Kurikulum 2013 dan silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi soal yang sesuai kebutuhan KSN SMP, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus KSN SMP. Kompetensi yang diharapkan dari peserta KSN adalah keterampilanketerampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

 

Lingkup materi Soal KSN SMP 2020 yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal KSN SMP dan naskah soal KSN SMP yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi.

 

Untuk kamu yang mengikuti KSN SMP 2021 berikut ini admin bagikan link Download Soal KSN IPA Matematika IPS SMP MTs Tahun 2021 dan Pembahasan. Soal-soal tersebut bisa dijadikan sarana latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi soal-soal KSN serta untuk menambah wawasan atau pengetahuan siswa-siswi SMP.

 

llink Download Soal KSN Matematika SMP MTs Tahun 2021 dan Pembahasan (disini)

 

link Download Soal KSN IPS SMP MTs Tahun 2021 dan Pembahasan (disini)

 

link Download Soal KSN IPA SMP MTs Tahun 2021 dan Pembahasan (disini)

 

Demikian update informasi tentang Download Latihan Soal dan Pembahasan Soal KSN Daring IPA MATEMATIKA dan IPS SMP Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya buat kamu yang sedang giat mempersiapkan diri guna mengikuti Kompetensi Sains Nasional di tahun ini.

 



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment