Lomba Menulis Artikel SPAB Guru dan Kepala SMA SMK dan Diksus Tahun 2020

Lomba Menulis Artikel SPAB Guru dan Kepala SMA SMK dan Diksus Tahun 2020 atau Lomba Menulis Artikel tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana diselenggarakan dalam rangka menyediakan wadah bagi sekolah untuk berbagi hasil praktik baik pelaksanaan satuan pendidikan aman bencana. Praktik baik guru dan kepala sekolah dalam mengelola risiko bencana tersebut dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi sekolah lain untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di kalangan warga sekolah.

Tema umum lomba penulisan artikel praktik implementasi satuan pendidikan aman bencana tahun 2020 adalah “Bergotong Royong memastikan satuan pendidikan dan warganya aman dari bencana selama Pandemi COVID-19”. Sehubungan dengan masa pandemi yang sedang terjadi, pelaksanaan lomba penulisan artikel lebih banyak dilakukan secara daring.

Lomba Menulis Artikel SPAB Guru dan Kepala SMA SMK dan Diksus Tahun 2020 dilatarbelakangi bahwa Penyelenggaraan program satuan pendidikan aman bencana dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, kualitas sarana dan prasarana pada satuan pendidikan dalam menanggulangi dan mengurangi risiko bencana. Sebagian guru dan kepala sekolah telah melaksanakan program satuan pendidikan aman bencana dengan baik. Praktik baik guru dan kepala sekolah dalam mengelola risiko bencana tersebut dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi sekolah lain untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di kalangan warga sekolah. Oleh karena itu perlu disediakan wadah bagi sekolah untuk berbagi hasil praktik baik pelaksanaan satuan pendidikan aman bencana. Salah satu wadah tersebut adalah Lomba Menulis Artikel tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana.


Persyaratan Lomba Menulis Artikel SPAB untuk Guru dan Kepala SMA SMK dan Pendidikan Khusus Tahun 2020 adalah sebagai berikut
·          Masih aktif sebagai Guru/Kepala Sekolah pada jenjang SMA, SMK, SLB dan Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SD, SMP, SMA, SMK)
·          Belum pernah menjadi pemenang pada lomba menulis artikel pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana tingkat nasional tahun 2019 *)
·          Memiliki NUPTK yang terdaftar di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
·          Memiliki pendidikan terakhir sekurang-kurangnya S1/DIV
·          Memiliki kelakuan baik*)
·          Memiliki Karta Tulis Ilmiah*) sesuai dengan format dalam lomba

*) Format Surat Pernyataan dan Format Artikel dapat diunduh di daftar unduhan (DISINI)

Kategori Lomba Menulis Artikel SPAB untuk Guru dan Kepala SMA SMK dan Pendidikan Khusus Tahun 2020

GURU
·          Guru SMA
·          Guru SMK
·          Guru Satuan Pendidikan Khusus (SLB dan SPPI)

KEPALA SEKOLAH
·          Kepala SMA
·          Kepala SMK
·          Kepala Guru Satuan Pendidikan Khusus (SLB dan SPPI)


Jadwal Lomba Menulis Artikel SPAB untuk Guru dan Kepala SMA SMK dan Pendidikan Khusus Tahun 2020 adalah sebagai berikut

Jadwal Lomba Menulis Artikel SPAB Guru dan Kepala SMA SMK dan Diksus Tahun 2020

PENDAFTARAN (27 Agustus - 25 September 2020)

Tata Cara Pendaftaran Lomba Menulis Artikel SPAB untuk Guru dan Kepala SMA SMK dan Pendidikan Khusus Tahun 2020 adalah sebagai berikut
·          Pendaftaran mulai tanggal 27 Agustus - 25 September 2020
·          Guru dan Kepala Sekolah melakukan pendaftaran secara daring (online) melalui tautan/link pendaftaran (DISINI)
·          Guru dan Kepala Sekolah wajib mengikuti semua petunjuk yang ada di form pendaftaran
·          Guru dan Kepala Sekolah mengisi biodata di form pendaftaran
·          Guru dan Kepala Sekolah mengunggah dokumen sesuai persyaratan yang ditentukan


Dokumen/File Yang Harus Diunggah
·          Pindaian/scan Surat Penugasan sebagai guru/kepala sekolah dari pejabat yang berwenang (format file pdf/jpg/jpeg ukuran maksimal 1 MB)
·          Pindaian/scan Surat Pernyataan kebenaran data/informasi yang disampaikan, memiliki kelakuan baik, masih aktif  sebagai guru/kepala sekolah dan belum pernah menjadi pemenang pada lomba serupa tingkat nasional pada tahun 2019 (format file pdf/jpg/jpeg  ukuran maksimal 1 MB)
·          Karya Tulis Ilmiah (format pdf ukuran maksimal 10 MB)
·          Pindaian/scan Surat Pernyataan Keaslian Karya (format file pdf/jpg/jpeg ukuran maksimal 1 MB)

Seleksi dalam Lomba Menulis Artikel SPAB untuk Guru dan Kepala SMA SMK dan Pendidikan Khusus Tahun 2020 adalah sebagai berikut
1) ADMINISTRASI (28 September - 2 Oktober 2020)
Panitia menyeleksi dokumen yang meliputi pemeriksaan kelengkapan administrasi persyaratan umum dan khusus

2) SUBSTANSI (5 Oktober - 16 Oktober 2020)
Dewan juri melakukan penilaian yang dilakukan secara daring terhadap substansi artikel ilmiah

Pengumuman Finalis (20 Oktober 2020)
·          Panitia mengumumkan Guru dan Kepala Sekolah yang akan maju pada tahap berikutnya sebagai finalis lomba menulis karya tulis ilmiah untuk setiap kategori
·          Pengumuman akan disampaikan secara daring melalui laman ini

Presentasi (26 Oktober - 28 Oktober 2020)
·          Guru dan Kepala Sekolah yang masuk pada tahap final melakukan presentasi secara daring melalui tautan/link yang disediakan
·          Tautan/link akan disampaikan melalui email masing-masing finalis yang digunakan pada saat pendaftaran

·          Dewan Juri melakukan penilaian paparan secara daring terhadap karya tulis ilmiah

Pengumuman Pemenang direncanakan tanggal 30 Oktober 2020. Panitia mengumumkan pemenang untuk setiap kategori yang akan disampaikan secara daring melalui laman ini. Hadiah akan dikirim melalui jasa ekspedisi kepada pemenang.

Demikian informasi tentang Lomba Menulis Artikel SPAB Guru dan Kepala SMA SMK dan Diksus Tahun 2020. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post