Latest

LANGKAH-LANGKAH MEMPRAKTEKAN DEEP WORK DALAM BELAJAR

LANGKAH-LANGKAH MEMPRAKTEKAN DEEP WORK DALAM BELAJAR


Mengutip Cal Newport, pengertian deep work adalah  proses melakukan kegiatan profesional dalam kondisi penuh konsentrasi bebas gangguan yang mendorong kemampuan kognitif Kamu mencapai batasnya. Deep work juga dapat diartikan kemampuan untuk fokus tanpa gangguan pada tugas yang menuntut secara kognitif. Ini adalah keterampilan yang memungkinkan Anda dengan cepat menguasai informasi yang rumit dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Pekerjaan yang dalam akan membuat Anda lebih baik dalam apa yang Anda lakukan dan memberikan rasa kepuasan sejati yang berasal dari keahlian. Singkatnya, pekerjaan yang dalam adalah seperti kekuatan super dalam perekonomian abad 21 yang semakin kompetitif. Namun, sebagian besar orang kehilangan kemampuan untuk menghabiskan banyak waktu dengan menghabiskan banyak email dan media sosial, bahkan tidak menyadari ada cara yang lebih baik.

Upaya ini  dapat menciptakan nilai baru, meningkatkan keterampilan Kamu, dan sulit untuk ditiru. Dengan melakukan deep work tentu akan lebih mudah untuk kerja secara fokus. Prinsip-prinsip dalam melakukan deep work kontras dengan shallow work atau pekerjaan dangka. Newport sendiri mendefinisikan shallow work dengan tugas bergaya logistik yang tidak menuntuk secara kognitif, sering terjadi saat perhatian teralihkan dan cenderung tidak menciptakan banyak nilai baru serta mudah ditiru.

Melakukan Deep Work itu perlu latihan yang tekun. Prosesnya juga harus berulang-ulang agar terbiasa. Bagi kamu yang ingin sukses dalam belajar silahkan praktekan langkah-langkah Deep Work di bawah ini.
1.    Kembangkan Jadwal dan Rutinitas Deep Work (Kalau siswa Membuat jadwal belajar dengan deep work)
2.    Tentukan berapa lama kamu akan melakukan Deep Work
3.    Kerjakan Apa yang Benar-Benar Penting
4.    Cari Tempat yang nyaman untuk Deep Work
5.    Saat melakukan Deep Work, sebaiknya kamu Istirahat dari Media Sosial

Setidaknya, ada empat unusr agar agar sebuah kerja termasuk belajar masuk dalam katagori deep work. Pertama, single-tasking. Saat melakukan deep work, hindari multi-tasking. Berfokuslah pada satu hal saja dan kerjakan dengan baik. Bila kita melakukan deep work untuk menulis, maka fokuslah menulis saja. Bila melukis, fokuslah melukis saja. Bila membaca, fokuslah membaca saja. Kedua, tanpa distraksi. Hilangkan hal-hal yang dapat mengalihkan kita semaksimal mungkin. Matikan notifikasi telepon genggam. Putuskan koneksi internet. Tutup pintu dan kondisikan orang-orang di sekitar kita bahwa kita sedang tidak dapat diganggu untuk beberapa waktu ke depan.

Ketiga, fokus yang intens. Untuk melakukan deep work, kita memerlukan fokus yang intens. Kita perlu mencurahkan 100% perhatian kita pada apa yang sedang kita kerjakan. Parkirkan hal-hal yang melintas dalam pikiran kita (misalnya dengan melakukan braindumping sebelum sesi deep work kita). Dan keempat, dilakukan dalam rentang waktu yang panjang. Deep work tidak akan terbentuk bila kita hanya menyisihkan 5-10 menit saja. Kita perlu meluangkan waktu panjang, 2-4 jam sehari atau 1-2 hari penuh untuk melakukan deep work. Mengapa? Karena karya yang dalam membutuhkan waktu panjang untuk menciptanya.



= Baca Juga =



No comments:

Post a Comment