Apakah UN (UNBK dan UNKP) Tahun 2020 Jadi dihapus

Apakah UN (UNBK dan UNKP) Tahun 2020 Jadi dihapus ? Pasca pergantian kabinet baru dengan menempatkan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud, kembali muncul pertanyaan Apakah UN Tahun 2020 akan dihapus. Pro dan Kontra penghapusan UN baik UNBK maupun UNKP terus berlanjut.

Apakah UN Tahun 2020 Jadi dihapus? Kepala Badan Penilitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan hingga saat ini wacana pelaksana Ujian Nasional (UN) masih tetap akan berjalan sebagaimana yang direncanakan. 

Penegasan itu menjawab kabar akan dihapuskannya UN pasca pergantian kabinet baru. Meski Totok mengakui masih harus menunggu perkembangan pelaksanaan UN untuk tahun 2019/2020 mendatang. Toto pada Rabu (20/11) menyatakan bahwa Nasib UN sampai saat ini status quo berjalan, jadi masih berlanjut. Nanti kalau ada informasi terbaru, pasti kami kabarkan.  

Untuk Saat ini menurut Totok, UN masih sangat dibutuhkan sebagai bentuk pengecekan prestasi siswa dibandingkan dengan standar yang telah dicapai. 

Apakah UN Tahun 2020 Jadi dihapus
? Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Supriano juga mengakui bahwa wacana UN masih berjalan hingga saat ini. Supriano menyatakan sekarang masih menggunakan UN, karena hasil UN masih sebagai refeleksi.

Lalu bagimana menurut Mendikbud Apakah UN (UNBK dan UNKP) Tahun 2020 Jadi dihapus? Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan pelaksanaan UN di tahun 2020 masih tetap dilaksanakan. Namun, pihaknya masih tetap melakukan audiensi dan diskusi dengan pemangku kepentingan pendidikan guna membahas kebijakan tentang UN. Nadiem Makarim menyatakan  Untuk UN tahun ini (2020) masih ada. Namun sama seperti kebijakan lainnya, saat ini kami tengah menjaring berbagai masukan dari guru, orang tua, dan pihak lainnya tentang UN.




Post a Comment

Previous Post Next Post