soal UM PTKIN 2018, soal UM PTKIN 2017, dan soal UM PTKIN 2016

Kali ini Admin akan berbagi tentang LATIHAN SOAL UM PTKIN 2019 BERSUMBER DARI KUMPULAN SOAL UM PTKIN 2018 2017 DAN 2016 (PDF) SEBAGAI BAHAN LATIHAN SOAL UM PTKIN 2019. Apa itu UM PTKIN ? UM-PTKIN adalah sejenis SBMPTN. Kalau SBMPTN merupakan sarana seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang berada di bawah naungan Kemenristekdik, sedangkan UMPTKIN adalah seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang berada di bawah naungan Kemenag.

UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/ MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah dapat menerima calon mahasiswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA/ MAK/ SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara maksimal tiga t ahun t erakhir.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelengga-raan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.


Informasi UM-PTKIN 2019 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Progam Studi dapat diakses melalui laman http://www.um-ptkin.ac.id.

Seperti hanya SBMPTN pilihan program studi dalam UM PTKIN juga dikelompokkan dalam 3 kelompok yakni SAINTEK atau Kemampuan IPA, Soshum atau Kemampuan IPS, dan Campuran atau IPC. Setiap peserta ujian pada awalnya akan dihadapkan dengan soal TKD atau Tes Kemampuan dasar (di SMBPTN nama tes TKPA), selanjutnya peserta akan mendapat soal sesuai pilihan program Studi.

TKD dalam Soal UM PTKIN berbeda dengan TKPA dalam SBMPTN, karena dalam Soal TKD UM PTKIN ada materi uji tambahan yakni Wawasan Ke-Islamaan dan Bahasa Arab. Untuk Soal UM PTKIN IPA, IPA dan IPC pada dasarnya sama dengan soal Saintek, Soshum dan IPC pada SBMPTN. Jadi jika mengalami kesulitan memperoleh soal UM PTKIN IPA, IPA dan IPC, kamu bisa mempelajari Soal-soal SBMPTN.

Namun, baru-baru ini admin menemukan link download Latihan Soal UM PTKIN 2019 yang bersumber dari soal UM PTKIN 2018, soal UM PTKIN 2017, dan soal UM PTKIN 2016 yang menurut admin cukup lengkap. Latihan Soal UM PTKIN 2019 bersumber dari Soal UM PTKIN 2018, 2017 dan 2016 bisa di download dalam bentuk file pdf yang dibagikan secara gratis. Untuk kamu yang sedang mencari Naskah asli soal UM PTKIN 2018, soal UM PTKIN 2017, dan soal UM PTKIN 2016 sebagai bahan Latihan  menghadapi Soal UM PTKIN 2019 berikut ini link downloadnya.

Link Download LATIHAN SOAL UM PTKIN 2019 BERSUMBER DARI NASKAH ASLI SOAL UM PTKIN 2018 2017 DAN 2016 (PDF) ----DISINI

Link Download LATIHAN SOAL UM PTKIN 2019 BERSUMBER DARI NASKAH ASLI SOAL UM PTKIN 2018 2017 DAN 2016 (PDF) ----DISINI

Demikian informasi tentang .Semoga posting ini ada manfaat. Terima kasih kepada para pengunjung blog yang sudah sempat membaca tulisan ini.


= Baca Juga =



8 Comments

  1. Soalnya di perlihatkan dong kak

    ReplyDelete
  2. Kak tolong kirim latihan soalnya yah ,Terima kasih banyak, semoga mendapat pahala yang besar dan tidak ada putus putusnya

    ReplyDelete
  3. mnta tolong kirim pembahasannya dong ka ke email ufimdf217@gmail.com
    trmkasih

    ReplyDelete
  4. Kak,saya minta soal dan pembahasan um ptkin 2017 2018. Bisakah dikirim dari email: tiara.lestaritari@gmail.com, terimakasih sebelumnya, maaf merepotkan:)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum kak, afwan kak apakah bisa saya bisa minta tolong bisakah kk mengirimkan soal dan pembahasan diemail saya nuraisyahisabela27@gmail.com

    Syukron

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum kak,saya minta soal dan pembahasan um ptkin 2017 dan 2018 pada email saya aniqseptiani09@gmail.com

    ReplyDelete
  7. kak saya minta soal dan pembahasan di email saya aniqseptiani09@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post