Pada tulisan ini akan disharrekan bagaimana cara daftar dan cara memasang iklan adsense di blog

A. Bagaimana Cara Daftar Iklan Adsense? 

Cara Daftar Iklan Adsense sepengetahuan Admin dapat dilakukan melalui 3 (tiga) cara yakni 1) bagi pengguna blogger pendaftaran dapat dilakukan melalui dashboard blog dengan mengklik tombol Penghasilan Adsense. Tombol Penghasilan Adsense biasanya tidak muncul pada dashboard blog yang setting bahasa menggunakan bahasa Indonesia, oleh karena itu ubah dulu setting bahasa pada dashboard ke bahasa Inggris dengan cara; 2) dengan mengisi formulr pada laman google Adsense; dan 3) Daftar ke Google Adsense melalui Youtobe.

1) Pendaftaran melalui dashboard blog dengan mengklik tombol Penghasilan Adsense

Tombol Penghasilan Adsense biasanya tidak muncul pada dashboard blog yang setting bahasa menggunakan bahasa Indonesia, oleh karena itu ubah dulu setting bahasa pada dashboard ke bahasa Inggris dengan cara 

Masuk ke Dasboard blogspot Anda, lalu pilih tab Setelan dan pilih menu Bahasa dan Pemformatan.




Pada menu pilihan bahasa, ubah format Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris, baik Amerika atau Inggris United Kingdom. Setelah itu Save. 


Refrest Dasboard blogspot Anda, sekarang akan muncul tab baru yakni Penghasilan dan isinya Adsense



Selanjutnya melihat ketersediaan layanan untuk blog Anda. Jika Anda membuka tab Penghasilan dan dibagian bawah kotak terlihat tampilan seperti dibawah ini, maka urungkan dulu niat Anda. Tunggu hingga tombol Mendaftar Adsense tidak buram lagi dan tak ada tulisan disampingnya. 


Berikut ini Cara Daftar Adsense Melalui Blogspot


Jika tombol Penghasilan Adsense sudah muncul akan terdaopat tombol Daftar Adsense telah bisa ditekan. Lakukan pendaftaran. Gambarnya seperti dibawah ini. 


Selanjutnya ada tiga tahap melakukan pendaftaran Adsense melalui blogspot. Dilangkah pertama Anda akan diberi pilihan menggunakan akun email seperti yang sedang digunakan, atau menggunakan email lain. Silahkan pilih Ya, Gunakan (email Anda). 


Tahap kedua, hanya menjabarkan informasi tentang blog Anda. Pilih bahasa yang Anda gunakan di blog Anda, lalu klik Lanjutkan. 


Selanjutnya pada tahap ketiga dan terakhir adalah formulir permohonan. Isi semua pilihan, mulai Negara atau wilayah, Zona waktu dan Jenis akun (personal atau bisnis). Pilih sesuai pilihan yang ada dan paling sesuai dengan Anda. sementara untuk keterangan pribadi, usahakan isi dengan keterangan Asli, Nama, Alamat, Kota, Provinsi, Kode Pos dan Telepon, setelah itu tekan Kirim Permohonan Saya. 

Selesai sudah Anda mendaftar ke google Adsense selanjutnya silahkan tunggu 3 kali 24 jam atau paling lama 1 minggu untuk mendapatkan jawaban apakah Anda diterima atau tidak menjadi penyedia layanan iklan Google Adsense.



2. Cara daptar google Adsense melalui formulir yang disediakan oleh Google Adsense


Adapun daptar google Adsense melalui formulir yang disediakan oleh Google Adsense dapat dilakukan dengan cara:

Pertama masuk ke laman Google Adsense atau dengan mengklik alamat berikut ini https://www.google.com/adsense/ Kemudian Klik SIGN UP NOW kemudian Klik Create Akun seperti Gambar berikut ini


Jika sudah terbuka formulir aplikasi pendaftaran Google Adsense silahkan isi sesuai permintaan setelah semua bagian terisi silahkan Anda kirim 



3. Cara Daftar akun Google AdSense melalui YouTube

Untuk mendaftar ke akun AdSense melalui YouTube, ikuti langkah-langkah di bawah:

Pastikan akun YouTube Anda diaktifkan untuk monetisasi.

Kirim permohonan Anda untuk membuat akun AdSense baru yang akan ditautkan dengan akun YouTube Anda. Setelah permohonan Anda disetujui, Anda akan melihat label "Akun host" di tab Beranda pada akun AdSense Anda. Google akan mengirim pembayaran pada bulan setelah saldo AdSense Anda melampaui $100, dengan asumsi bahwa akun AdSense Anda memiliki reputasi baik. Pelajari lebih lanjut kapan Anda akan dibayar.

Jika Anda juga memiliki situs web non-host sendiri untuk menampilkan iklan, Anda perlu mengirimkan formulir permohonan satu kali untuk memberi tahu kami URL situs Anda.

Anda hanya perlu menyelesaikan langkah ini jika Anda ingin memonetisasi situs web Anda sendiri -- Anda tidak perlu mengambil tindakan lainnya untuk tetap memonetisasi video YouTube Anda.

Setelah permohonan yang hanya perlu diajukan satu kali disetujui, label "Akun host" akan dihapus dari tab Beranda di akun AdSense dan Anda akan memiliki akses untuk menghasilkan kode iklan AdSense yang dibutuhkan untuk memonetisasi situs web mitra non-hos


B. Bagaimana Cara Pasang  iklan adsense di blog


Bagaimana Cara Pasang  iklan adsense di blog?  Ada dua cara yang disediakan Google untuk memasang iklan di blog, yakni Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot  melalui dashboard blogger  jika Akun sudah terdaftar di Google Adsense, Kedua  Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot  melalui pemasangan script iklan Google Adsense

1. Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blogspot  melalui dashboard blogger

Cara ini terbilang mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun blogger Anda dan memilih Penghasilan. (Agar tombol penghasilan muncul coba Anda rubah dulu setting bahasa pada dashobrd dengan bahasa Inggris) Jika Anda mendaftar Adsense tidak melalui blogspot, ada baiknya mengaitkan dulu akun adsense Anda dengan blogspot. Caranya dengan memasukkan ID akun Anda.

Jika berhasil maka tampilannya akan seperti berikut :



Untuk memasang iklan Adsense di blog, pilihlah Ya pada opsi Tampilkan iklan di blog. Ada tiga model iklan yang bisa kita tampilkan melalui pengaturan ini. 


  • Tampilkan iklan di bilah samping dan entri: artinya iklan akan tampil di sidebar blog dan di bagian akhir postingan. 
  • Tampilkan iklan di bilah samping : iklan hanya akan tampil di sidebar blog
  • Tampilkan iklan di bawah entri : ikan hanya akan muncul di bagian bawah atau akhir postingan. 

Jika telah melakukan perubahan jangan lupa untuk mengklik tombol Simpan Setelan di pojok kanan atas.


2. Cara Kedua Memasang Iklan Google Adsense di Blog

Untuk memasang iklan Adsense pertama-tama login dulu ke dasboard. Kunjungi google.com/adsense dan masukkan email yang telah disetujui oleh Adsense. Setelah berhasil, Anda akan dihadapkan pada tampilan beranda. Disini Anda bisa melihat laporan penghasilan Adsense.

Selanjutnya, klik Iklan Saya yang berada di samping beranda.




Di bagian inilah semua jenis iklan ditampilkan. Anda bisa memodifikasinya dan mengaitkan dengan tema blog Anda. Untuk membuat unit iklan baru, klik tombol + Unit iklan baru.


Di bagian inilah Anda akan memilih jenis iklan apa yang akan digunakan. Harus diperhatikan, setiap unit iklan yang dibuat, selalu memberikan nama.



Pilih ukuran iklan yang akan dibuat. Anda bisa memilih jenis ukuran yang disediakan dengan mengklik pilihan Menampilkan. Ada sekitar tujuh jenis pilihan yang diberikan. Pertama yang Disarankan, ini adalah jenis yang paling banyak digunakan. Spanduk Horizontal, Spanduk Tegak, Persegi Panjang Responsif, Ukuran khusus dan Iklan Tautan.


Saya sarankan Anda memilih ukuran 336x280 karena ukuran ini sangat dianjurkan oleh Google Adsense. Anda bisa melihatnya terlebih dahulu ukuran yang dikehendaki dengan mengklik Pratinjau, seperti ukuran 336x280 berikut ini.



Setelah yakin dengan ukurannya, selanjutnya pilih Jenis Iklan. Ada tiga pilihan, menampilkan iklan dalam bentuk teks dan gambar, hanya iklan gambar atau hanya iklan teks.


Saya sarankan Anda memilih iklan teks dan bergambar. Apabila akan memilih iklan teks dan gambar, Sebaiknya Anda memilih gaya iklan teks yang akan ditampilkan. Di bagian ini ada banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan blog Anda. Untuk mengeditnya, klik tombol Salin dan Edit.


Pada bagian bawah, masih ada dua opsi, Saluran khusus dan Iklan Cadangan. Keduanya hanya berguna untuk waktu-waktu tertentu saja. Jika telah yakin dengan pilihan, selanjutnya klik Simpan dan dapatkan kode.




Selanjunya copy kode scripts iklan google Adsense tersebut pada  Gadget HTML atau pada posting blog Anda.  Kemudian tunggu beberapa jam sampai iklannya aktif. Jika telah aktif maka, iklan yang dimaksud sudah akan muncul di blog Anda. 


= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post