Dalam upaya mewujudkan amanah Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, guru diwajibkan memiliki kualifikasi akademik minimal setingkat sarjana (S-1)/D4. Sehubungan dengan hal dimaksud, pada tahun anggaran 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan bantuan pendidikan bagi guru SMA dan SMK dengan rincian jenis bantuan dan sasaran sebagai berikut :
Bantuan dana pendidikan S-1, sasaran 2.364 guru
Bantuan dana pendidikan S-2, sasaran 250 guru
Beasiswa pendidikan S-2, sasaran 638 guru

Sasaran dan Jumlab Bantuan Dana bagi guru SMA dan SMK
a.Bantuan dana pendidikan diberikan kepada 2,364 guru yang sedang menyelesaikan kuliah S 1 dengan Jumlah dana yang diberikan sebesar Rp 5.000.000,00/tahun
b.Bantuan dana pendidikan S2 diberikan kepada 250 guru yang sedang menyelesaikan kuliah S.2 dengan  jumlah dana yang diberikan sebesar Rp 10.000,000,00/tahun
c. Beasiswa pendidikan S 2 diberikan kepada 638 guru yang berminat mengikuti program S2 dengan Jumlah dana beasnsa yang daberikan sebesar Rp 60 000.000,00 untuk perkuhahan selama 2 tahun (terdiri atas biaya pendidikan dan biaya hidup)

PENGUMUMAN RESMI BANTUAN DANA DAN BEASISWA PENDIDIKAN S-1 DAN S-2 BAGI GURU SMA DAN SMK TAHUN 2016

A. Ketentuan / Persyaratan Bantuan Dana Pendidikan S-I bagi guru SMA/SMK
1. Guru berstatus PNS dan Guru Tetap Yayasan (GTY) yang masih aktif mengajar di SMA/SMK Negeri dan swasta
2. Merniliki NUPTK
3. Guru yang sedang menempulh pendidikan S-I pada perguruan tinggi yang terakreditasi pada semua program studi kependidikan atau sesuai mata pelajaran yang diampu. dan: pemberian dana diprioritaskan kepada guru yang saat ini sedang menempuh penddikan S-I dan sedang melaksanakan penyelesaian tugas akhir (skñpsi), dibuktikan dengan persetujuan judul skripsi yang ditandatangani oleh pembimbing.
4. Belum dan/atau tidak sedang menerima bantuan pendidikan dan lembaga,pihak lain.
5. Diusulkan oleh Dinas Pendidikan UPTD/KabupatenfKota setempat.
6. Beium pernah menerima bantuan dana pendidikan yang sama pada tahun sebelumnya

B. Ketentuan  Persyaratan Beasiswa S2 bagi guru SMA/SMK
  1. Persyaratan Beasiswa S2 bagi guru SMA/SMK
  2. GuruSMA/SMK berstatus sebagai pegawai negeri sipil(PNS).
  3. GuruSMA/SMKyang diselenggarakan oleh masyarakat,berstatus sebagaiguru tetap yayasan(GTY),
  4. Guru Honorer di SMA/SMK negeri harus memiliki SK Kepala Dinas Pendidikan sebagai guru honor.
  5. Berusia maksimum 40 tahun pada tanggal 1September2016 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  6. Khusus untuk daerah terpencil, tertinggal, dan terluar berusia maksimum 42 tahu pada tanggal 1 September 2016 yang dibuktikan  dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang, serta SK pejabat berwenang tentang penetapan daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.
  7. Lulusan jenjang strata satu (S-1) dari program studiyang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan IPKminimal 2,75 yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  8. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2(dua )tahunyang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus untuk guru yang bertugas didaerah khusus) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  9. Memperoleh izin dari pejabat yang berwenang untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi jenjang stratadua(S-2), dibuktikan dengan Surat Tugas Belajardari BKD bagi PNS dan dari Ketua Yayasan bagi guru non PNS.
  10. Memiliki prestasi akademik yang terkait dengan tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan),dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan yang relevan.
  11. Tidak sedang menempuh studi atau sudah lulus jenjang strata  dua (S-2) atau strata tiga (S-3).


Program studiyangdibuka dan PTP
Pendidikan Matematika
Pendidikan Kimia
Pendidikan Fisika
Pendidikan Biologi
Pendidikan Geografi
Pendidikan Ekonomi
PendidikanBahasaIndonesia
PendidikanBahasaInggris
PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan(PPKn)
PendidikanSejarah


Program studi dimaksud,dibuka disembilan (9) LPTKmitra Direktorat Pembinaan GuruDikmenDitjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, dengan kuotad i masing-masing LPTK akan diatur lebihlanjut. Adapun sembilan (9) LPTK dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Universitas Negeri Medan(UNIMED) Medan
  2. Universitas PendidikanIndonesia (UPI)Bandung
  3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)Jakarta
  4. Universitas Negeri Semarang (Unnes) Semarang
  5. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Yogyakarta
  7. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya
  8. Universitas Negeri Malang (UM) Malang
  9. Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar.


Guru SMA/SMK yang berminat,mendaftarkan diri ke Direktorat Pembinaan Guru Dikmen dengan cara mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat Pembinaan GuruD ikmen. Berkas pendaftaran dikirim mulai 12 Maret2016 sampai dengan11Juni 2016 (cap pos) ke alamat:
SubditPK-PKK
Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud
Kompleks Kemdikbud GedungD Lantai 12
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, JakartaPusat
Telepon:021.57974108
Fax: 021.57974108

SeleksiAdministratif
Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud melakukan seleksi administrative terhadap usulan calon peserta dari setiap provinsi mulai tanggal16  sampai dengan 18 Juni 2016.

b.       SeleksiAkademik
Calon peserta yang lulus seleksi administrative akan diundang oleh Direktorat Pembinaan  Guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, pada 18 sampai dengan 26 Juli 2016, untukmengikuti seleksi akademik.Seleksi akademik akan dilaksanakan oleh perguruan tinggipenyelenggara bersama Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dengan prosedur sebagai berikut.
1)   Seleksi akademik didasarkan pada hasil:
a)  Tes Potensi Akademik (TPA): mengukur kapasitas calon untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik (scholastic aptitude).
b) Tes Kemampuan Bahasa Inggris :mengukur kemampuan calon dalam  memahamiteks berbahasa  Inggris (reading comprehension).
2) Skor akhir untuk  setiap peserta didasarkan pada penggabungan hasil TPA dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris dengan bobot 70 (TPA):30(TesBahasa Inggris).
3) Penentuan kelulusan didasarkan pada urutan skor akhir dengan mempertimbangkan proporsi  antardaerah, peminat, dan antar bidangstudi.
4) Hasil seleksi akademik akan diumumkan oleh perguruan tinggi penyelenggara melalui DirektoratPembinaan Guru Dikmen, Ditjen Guru dan TenagaK ependidikan Kemdikbud  pada tanggal 1 sampai dengan 8 Agustus2016.

c.   Kewajiban Calon Mahasiswa
Calon mahasiswa yang lulus seleksi administrative dan seleksi akademik akan diberikan program pembekalan dan harusmengikutiprogram S-2padaPTP yang bersangkutan, apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1)       Menyerahkan Surat Tugas Belajar dari pejabat yangberwenang.
2)       Menyerahkan surat keterangan sehat daridokter;
3)       Menandatangani surat perjanjian tidak akan memintap indah tugas setelah menyelesaikan pendidikan, kecuali karena alas an kedinasan dan tugas dari pejabat yang berwenang;
4)       Menandatangani surat perjanjian untuk mengikuti pendidikan jenjang strata dua (S-2) secara penuh waktu;
5)       Mengisi biodata sesuai dengan format terlampir.
6). Menyerahkan foto copy ijazah dan transkrip akademikS-1 yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang sebanyak 2 lembar.
7). Menyerahkan pasfoto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
Seluruh dokumen diserahkan ke PTP antara9 sd 15 Agustus 2016. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulusakan ditempatkan sesuaidengan PTP masing-masing, dan sudah tibadi kampus paling lambat 22 Agustus 2016 atas biaya Direktorat Pembinaan guru Dikmen.

3. Penyelenggaraan Program
Penyelenggaraan Program Pemberian Beasiswa stratadua (S-2) bagi Guru SMA/ SMK ini mengikuti ketentuan atau standar yang berlaku padaPTPyang bersangkutan.
Program Pemberian BeasiswaS-2 berlangsung selama dua tahun atau empat semester termasuk penyusunan tesis.
Perguruan tinggi penyelenggara program menyampaikan laporan kemajuan studi mahasiswa secara periodik pada setiap akhir semester kepada Direktorat Pembinaan Guru Dikmen,  DitjenGuru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud.


Untuk mengetahui perkembangan dan hasil penyelenggaraan Program Pemberian Beasiswa strata dua (S-2) ini, Direktorat Pembinaan guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud melakukan monitoring dan evaluasi program secara periodik per semester,  atau   secara incidental sesuai dengan keperluan dan permasalahan yang terjadi.

Masyarakat dan pihak-pihak  yang berkepentingan dapat menyampaikan informasi dan saran tentang Program Pemberian Beasiswa Strata Dua (S-2) bagi Guru SMA/SMK Tahun 2016 dengan menghubungi lembaga-lembaga dibawah ini.
DirektoratPembinaanGuru Dikmen dengan alamat:
Subdit PK-PKKDirektorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Guru dan Tenaga Kependidikan
Komplek Kemdikbud GedungD Lantai 12
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan Jakarta
Telepon: 02157976108
Fax: 021 57976108

Universitas Negeri Medan, dengan alamat:
Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Medan
Telepon: 061 6636730
Fax: 061 6636730
Web: pasca.unimed.ac.id

Universitas Negeri Jakarta, dengan alamat:
Program PascasarjanaUniversitas Negeri Jakarta
Kampus UNJ Jl. Rawamangun Muka Jakarta 13220
Telepon: 021 4721340
Fax: 021 4897047
Web: pps.unj.ac.id

Universitas Pendidikan Indonesia, dengan alamat:
Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Jl. Setiabudhi 229,Bandung 40154,Jawa Barat
Telepon     : 022-2001197;022-2002320
Fax            : 022-2005090

Universitas Negeri Semarang,dengan alamat:
PascasarjanaUniversitas Negeri Semarang
Gedung A Kampus Unnes Bendan Ngisor
Telepon: 024 840516 , 0248449017
Fax: 024 8449969
Web: pps.unnes.ac.id

Universitas Sebelas Maret,dengan alamat:
PascasarjanaKependidikan FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta
Telepon: 0271 669124
Fax:  0271 648939
Web: fkip.uns.ac.id  atau  pasca.fkip.uns.ac.id

Universitas Negeri Yogyakarta,dengan alamat:
PascasarjanaUniversitas Negeri Yogyakarta
Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281
Telepon: 0274 586168, 550836
Fax: 0274 520326, 550835
Web: pps.uny.ac.id

Universitas Negeri Surabaya,dengan alamat:
PascasarjanaUniversitas Negeri Surabaya
Kampus Ketintang Gedung K9
Jl. Ketintang Surabaya 60231
Telepon: 031 8293484
Fax: 031 8293484
Web: pasca.unesa.ac.id

Universitas Negeri Malang,dengan alamat:
PascasarjanaUniversitas Malang
Jl. SemarangNo 5Malang65145,Jawa Timur
Telepon: 0341. 551334
Fax: 0341.551334;
Web: pasca.um.ac.id

Universitas Negeri Makassar, dengan alamat:
Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Kampus UNM Gunung Sari Baru
Jl. Bonto Langkasa Makasar 90222
Telepon: 0411 830366
Fax: 0411 855288
Web: pps.unm.ac.id

Selengkapnya silahkan download Surat Edaran Lengkap termasuk Contoh format yang disediakan melalui link download pengumuman resmi Dirjen GTK tentang bantuan dana dan beasiswa pendidikan s-1 dan s-2 bagi guru SMA dan SMK



= Baca Juga =




2 Comments

  1. Admin, tolong alamat email subdit PKPKK DIKMEN diganti dengan yang benar. Alamat email yang anda tampilkan adalah alamat email milik Subdit PKPKK DIKDAS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya Anda konfirmasi ke pihak pengelola website direjen GTK karena link download edaran seperti itu. Link download edaran di website ini pun tetap menuju website dirjen GTK

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post