SOAL PRETEST DAN POSTTEST PKB MATA PEAJARAN PPKN



Berikut ini soal latihan Pretest dan Posttest PKB dan UKG mata pelajaran PPKN SMP

1. Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah ….
A. Merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
B.  Mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
C.  Mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
D.  Mendapatkan keuntungan dalam kehidupan ekonomi
E.  Selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu

2. Lembaga pembentuk dan perubahan UUD 1945 adalah ….
A. Mahkamah Agung
B.  Mahkamah Konstitusi
C.  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
D.  Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
E.  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)


3. Kekuatan hukum Peraturan Perundang-undangan adalah sesuai dengan ….
A. Hirarki penjenjangan
B.  Jenis peraturan perundang-undangan
C.  Isinya yang dapat mengikat secara umum
D.  Hasil musyawarah mufakat pemuka/masyarakat
E.  Lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan

4. Setiap  peraturan  perundang-undangan  dibuat  karena  benar-benar  dibutuhkan  dan  bermanfaat dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan asas ….
A. Keterbukaan
B.  Kejelasan hokum
C.  Kejelasan perumusan
D.  Organ pembentuk yang tepat
E.  Kedayagunaan dan kehasilgunaan

4. Faktor penghambat utama dalam penegakan HAM di Indonesia adalah ….
A. Terbatasnya perangkat hokum
B.  Rendahnya kesadaran warga Negara
C.  Kurangnya ketertiban dan keamanan
D. Kurangnya pemberdayaan lembaga-lembaga social
E.  Kurangnya pemebrdayaan lembaga-lembaga keagamaan

5. Dalam  menjalankan  hak  dan  kebebasannya,  setiap  orang  wajib  tunduk  pembatasan  yang ditetapkan ….
A. Norma
B.  Negara
C.  Pemerintah
D. Undnag-undang
E.  Keputusan presiden

6. Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan orang hilang adalah….
A. Kontras
B.  Komnas PA
C.  Komnas HAM
D.  Komnas Perempuan
E.  Lembaga Bantuan Hukum HAM

7. Dalam  kemerdekaan  mengemukakan  pendapat,  azaz  yang  meletakkan  hak  sesuai  dengan konsteks  atau  tujuan  kegiatan,  baik  yang  dilakukan  oleh  institusi,  maupun  aparatur  pemerintah yang dilandasai oleh etika intern dan etika internasional disebut sebagai azaz ….
A.  Manfaat
B.  Proporsionalitas
C.  Musyawarah untuk mufakat
D. Kepastian hokum dan keadilan
E.  Keseimbangan hak dan kewajiban

8. Dalam  prakteknya  Indonesia  melaksanakan  system  pemerintahan  demokrasi  antara  demokrasi …..
A. Kuno dan modern
B.  Maju dan terbelakang
C.  Liberal dan konstitusional
D. Langsung dan tidak langsung
E.  Parlementer dan presidensial

9. Negara  modern  dengan  system  pemerintahan  demokratis,  semua  kekuasaan  Negara  dibagi-bagi berdasarkan  konstitusi  (undang-undang  dasar)  dengan  tujuan  menghindari  terjadinya penyalahgunaan ….
A. Kekuasaan
B.  Kedaulatan 
C.  Keteraturan
D. Kewenangan
E.  Kepercayaan

10. Pentingnya suatu kehidupan yang demokratis dalam bermasyarakat adalah….
A.  Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil rakyat
B.  Tersalurkannya aspirasi warga masyarakat dalam memperjuangkan kepentingannya
C.  Dilindunginya hak-hak warga masyarakat secara adil dalam memenuhi kepentingannya
D.  Peningkatan kesadaran warga masyarakat untuk saling ketergantungan memperjuangkan kepentingannya
E.  Terpenuhi kepentingan atau hak-hak warga masyarakat secara adil tanpa ada yang merasa dirugikan

Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
11. Ideologi bagi suatu Negara sangat penting sebagai ….
A. Sasaran untuk mencapai tujuan
B.  Alat menarik kepercayaan bangsa lain
C.  Pedoman untuk mencapai tujuan Negara
D. Aturan untuk mendapatkan pengakuan bangsa lain
E.  Dasar untuk mendapatkan investasi Negara sahabat

12. Pancasila  sebagai  dasar  negara  mengandung  pengertian  bahwa  Pancasila  sebagai  dasar  untuk mengatur ….
A.  Kepentingan nasional
B.  Kehidupan sehari-hari
C.  Kehidupan berbangsa
D. Penyelenggaraan Negara
E.  Kehidupan bermasyarakat


13. Sila Pancasila yang dapat menjiwai dan meliputi sila-sila yang lain adalah ….
A. Kerakyatan
B.  Persatuan Indonesia
C.  Ketuhanan Yang Maha Esa
D. Kemanusiaan yang adil dan beradab
E.  Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
 
14. Ancaman nonmiliter yang dihadapi bangsa Indonesia adalah ….
A.  Agresi terhadap kedaulatan wilayah NKRI
B.  Spionase yang dilakukan oleh militer Negara lain
C.  Sabotase dari Negara lain untuk merusak obyek vital nasional
D. Aksi terror bersenjata yang dilakukan oleh jaringan teroris internasional
E.  Maraknya perdagangan narkotik dan obat-obatan terlarang di Indonesia

15.  Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
A.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
B.Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
C.Persatuan Indonesia;
D.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan 

16.  Istilah untuk menyebut perilaku atau sikap yang meniru budaya Barat adalah....
A. globalisasi 
B. internasionalisasi  
C. modernisasi
D. westernisasi 

17.  Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah...
A.Ius Constituendum
B.Ius Soli
C.Ius Sanguinus
D.Ius Constitutum

18.  Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
A.rakyat
B.warga negara
C.penduduk
D.setiap orang


19.  Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari iptek, memperoleh informasi, melakukan pekerjaan  sosial merupakan contoh–contoh yang dijamin dalam
A.hak untuk hidup
B.hak mengembangkan diri;
C.hak atas rasa aman
D.hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan

20.  Tujuan pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi adalah....
A.  untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang kritis
B.  untuk menumbuhkan sikap warga negara yang agresif
C.  untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang demokratis dan partisipatif
D.  untuk mencetak kader bangsa yang apatis

Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
21.  Unsur – unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah ...
A. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
B .merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
C. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
D. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.

22.  Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
A. nilai hak kodrat
B. nilai pemersatu bangsa
C. nilai religius
D. nilai demokrasi

23.  Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
A.nilai hak kodrat
B.nilai pemersatu bangsa
C.nilai religius
D.nilai demokrasi

23. Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
A.keseimbangan
B.keselarasan
C.kepastian
D.ketertiban


23. Pernyataan:
1.  Pengakuan terhadap hak asasi manusia
2.  Pendorong sikap dan tindakan manusia
3.  Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak
4.  Benteng perlindungan keberadaan masyarakat
5.  Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup
6.  Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan masyarakat
Fungsi norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor ….
A. 1,2,3 dan 4
B.  1,2,3, dan 6
C.  2,3,4, dan 5
D. 2,3,4, dan 6
E.  3,4,5, dan 6

24. Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan ….
A.  Untuk membuat takut masyarakat
B.  Tidak bertentangan  dengan keinginan masyarakat
C.  Dilaksanakan supaya tercapai kebutuhan masyarakat
D.  Ditaati, supaya ketertiban dalam masyarakat tercapai
E.  Untuk membatasi setiap kegiatan dan perilaku masyarakat

25. Di dalam penyusunan KTSP, sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan …..
A.  Waktu pembelajaran yang efektif
B.  Target ketuntasan belajar peserta didik
C.  Contoh KTSP dari sekolah lain yang ditiru
D.  Pembuatan silabus dan system penilaiannya
E.  Karakteristik, potensi dan kompetensi peserta didik

26. Kurikulum  tingkat  satuan  pendidikan  (KTSP)  adalah  kurikulum  operasional  yang  disusun  dan dilaksanakan oleh ….
A. Guru
B.  Pemerintah pusat
C.  Satuan pendidikan
D.  Pemerintah provinsi
E.  Dinas pendidikan kabupaten/kota


27.  Di  bawah  ini  merupakan  harapan-harapan  dalam  terciptanya  kehidupan  yang  demokratis, kecuali….
 a. Pemerintahan yang bebas.
 b. Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak.
 c. Pelaksanaan pemilu yang bebas.
 d. Kebebasan untuk beroposisi.

28.  Demokrasi  langsung  dapat  terselenggara  secara  efektif  karena  beberapa  faktor  di  bawah  ini, kecuali……
 a. Wilayah negara yang terbatas.
 b. Permasalahan tidak terlalu kompleks.
 c. Majelis yang hanya terdiri dari 5000 sampai 6000 orang saja.
 d. Tidak adanya penduduk yang berjumlah besar

29. Demokrasi Pancasila adalah…..
 a. Demokrasi yang berketuhanan
 b. Demokrasi yang tidak langsung
 c. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat
 d. Demokrasi berdasarkan paham kekeluargaan dan  gotong royong  yang  ditujukan pada kesejahteraan rakyat.

30.  Dalam  demokrasi  Pancasila  terkandung  aspek  yang  mengemukakan  gambaran  manusia  dan mengakui harkat dan martabatnya serta menjamin terwujudnya manusia Indonesia sesuai dengan gambaran harkat dan martabat manusia. Ini adalah aspek……
 a. Aspek materiil
 b. Aspek normatif
 c. Aspek kodrati
 d. Aspek hukum

Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
31. Pemilu pertama di Indonesia, terselenggara dengan sistem……
 a. Dwi partai
 b. Multipartai
 c. Partai tunggal
 d. Semi multi partai

32. Di bawah ini merupakan kondisi yang lahir dari penerapan demokrasi terpimpin.
 a. Dominasi parlemen yang kuat
 b. Peranan partai politik dan pers yang sangat terbatas
 c. Pertikaian antar partai politik
 d. Tidak adanya kepastian hukum.

33. Di bawah ini termasuk soko guru demokrasi, kecuali ….
 a. Kedaulatan rakyat
 b. Jaminan hak asasi manusia
 c. Hak-hak mayoritas
 d. Kekuasaan mayoritas

34. Pada akhir masa Orde Baru, terdapat penyelewengan-penyelewengan terhadap prinsip-prinsip demokrasi, yakni…..
 a. Diakuinya hak-hak mayoritas
 b. Tidak adanya pembatasan pemerintah secara konstitusional
 c. Terdapat pluralisme sosial, ekonomi dan politik
 d. Hanya ada tiga patai politik

35. Dalam pemilu akan dipilih……
 a. DPR, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten
 b. DPR, MPR, presiden dan wakil presiden
 c. Presiden dan wakilnya, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kota/kabupaten
 d. DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, presiden dan wakil presiden.

40. Perilaku yang menunjukkan dukungan terhadap tegaknya prinsipprinsip demokrasi adalah….
 a.     Musyawarah untuk mufakat
 b.    Menggunakan hak pilih dalam pemilu
 c.     Mengunakan haknya dengan seluas mungkin
 d.    Menghormati kekuasaan mayoritas

41. Demokrasi dimana rakyat menyalurkan kehendaknya dengan memilih wakil-wakilnya untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat, dinamakan . . . .
 a. demokrasi langsung
 b. demokrasi perwakilan
 c. demokrasi gabungan
 d. demokrasi sosialis

42. Salah satu asas demokrasi Pancasila adalah asas kerakyatan, yang artinya .. . .
 a. kesadaran akan cinta kepada rakyat, bersikap merakyat, berjiwa kerakyatan .
 b. pemerintah harus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.
 c. keputusan dengan menampung berbagai aspirasi dan kehendak seluruh rakyat.
 d. suatu tata cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mufakat.

43.  Keterlibatan  rakyat  sebagai  pelaksana  kedaulatan  menurut  UUD  1945  adalah  dalam  hal sebagai berikut, kecuali . . . .
 a. Mengisi keanggotaan DPRD melalui pemilihan umum.
 b. Mengisi keanggotaan DPR melalui pemilihan umum.
 c. Mengisi keanggotaan DPD melalui pemilihan umum.
 d. Mengajukan calon Presiden dan Wakil Presiden.

44.  Lembaga  negara  yang  berwenang  melantik  Presiden  dan  Wakil  Presiden  berdasarkan  hasil pemilihan umum adalah . . . .
 a. MPR
 b. DPR
 c. Mahkamah Agung
 d. Mahkamah Konstitusi

45. Menurut UUD 1945 , Mahkamah Konstitusi memiliki kewenangan untuk . . . .
 a. melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum.
 b. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum
 c. memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan
 d. menguji secara materiil peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.
46. DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara dan mempunyai fungsi . . . .
 a. legislatif, eksekutif, dan yudikatif
 b. legislatif, eksekutif, dan anggaran
 c. eksekutif, legislatif , dan pengawasan
 d. legislatif, anggaran, dan pengawasan

47. Kekuasaan untuk membentuk undang-undang disebut . . . .
 b. legislatif
 c. eksekutif
 d. yudikatif
 e. federatif

48.  Anggota  DPD  dari  setiap  propinsi  ditetapkan  sebanyak  empat  orang  dan  jumlah  seluruh anggota DPD tidak lebih dari . . . .
 a. 1/2 anggota DPR
 b. 1/3 anggota DPR
 c. 1/4 anggota DPR
 d. 1/5 anggota DPR

49. Hasil pemeriksaan BPK diserahkan kepada . . . .
 a. Presiden dan DPR sesuai dengan kewenangannya
 b. DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya
 c. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
 d. MPR, DPR, DPD sesuai dengan kewenangannya.

50. Komisi  Pemilihan  Umum  (KPU)  bertanggungjawab  atas  penyelenggaraan  pemilu  dan menyampaikan laporan secara bertahap atas pelaksanaan tugasnya kepada ….
 a. DPR dan Presiden
 b. Presiden dan MPR
 c. MA dan Mahkamah Konstitusi
 d. Presiden dan MA

Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
51 Pernyataan:
1.  Pengakuan terhadap hak asasi manusia
2.  Pendorong sikap dan tindakan manusia
3.  Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak
4.  Benteng perlindungan keberadaan masyarakat
5.  Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup
6.  Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan masyarakat
Fungsi norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor ….
A. 1,2,3 dan 4
B.  1,2,3, dan 6
C.  2,3,4, dan 5
D. 2,3,4, dan 6
E.  3,4,5, dan 6

52. Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan ….
A.  Untuk membuat takut masyarakat
B.  Tidak bertentangan  dengan keinginan masyarakat
C.  Dilaksanakan supaya tercapai kebutuhan masyarakat
D.  Ditaati, supaya ketertiban dalam masyarakat tercapai
E.  Untuk membatasi setiap kegiatan dan perilaku masyarakat

53 Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah ….
A. Merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
B.  Mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
C.  Mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
D.  Mendapatkan keuntungan dalam kehidupan ekonomi
E.  Selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu

54. Lembaga pembentuk dan perubahan UUD 1945 adalah ….
A. Mahkamah Agung
B.  Mahkamah Konstitusi
C.  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
D.  Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
E.  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)

55. Kekuatan hukum Peraturan Perundang-undangan adalah sesuai dengan ….
A. Hirarki penjenjangan
B.  Jenis peraturan perundang-undangan
C.  Isinya yang dapat mengikat secara umum
D.  Hasil musyawarah mufakat pemuka/masyarakat
E.  Lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan

56. Setiap  peraturan  perundang-undangan  dibuat  karena  benar-benar  dibutuhkan  dan  bermanfaat dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan asas ….
A. Keterbukaan
B.  Kejelasan hokum
C.  Kejelasan perumusan
D.  Organ pembentuk yang tepat
E.  Kedayagunaan dan kehasilgunaan

57. Faktor penghambat utama dalam penegakan HAM di Indonesia adalah ….
A. Terbatasnya perangkat hokum
B.  Rendahnya kesadaran warga Negara
C.  Kurangnya ketertiban dan keamanan
D. Kurangnya pemberdayaan lembaga-lembaga social
E.  Kurangnya pemebrdayaan lembaga-lembaga keagamaan

58. Dalam  menjalankan  hak  dan  kebebasannya,  setiap  orang  wajib  tunduk  pembatasan  yang ditetapkan ….
A. Norma
B.  Negara
C.  Pemerintah
D. Undnag-undang
E.  Keputusan presiden

59 Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan orang hilang adalah….
A. Kontras
B.  Komnas PA
C.  Komnas HAM
D.  Komnas Perempuan
E.  Lembaga Bantuan Hukum HAM

60. Dalam  kemerdekaan  mengemukakan  pendapat,  azaz  yang  meletakkan  hak  sesuai  dengan konsteks  atau  tujuan  kegiatan,  baik  yang  dilakukan  oleh  institusi,  maupun  aparatur  pemerintah yang dilandasai oleh etika intern dan etika internasional disebut sebagai azaz ….
A.  Manfaat
B.  Proporsionalitas
C.  Musyawarah untuk mufakat
D. Kepastian hokum dan keadilan
E.  Keseimbangan hak dan kewajiban



= Baca Juga =



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter