Jadwal dan Juknis Apresiasi GTK Tahun 2024

Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi GTK Tahun 2024


Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Tahun 2024. Mari rayakan Hari Guru Nasional dengan terus belajar, berkarya, dan berbagi inspirasi kepada para pendidik se-Indonesia dalam rangka menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik demi kemajuan pendidikan Indonesia.

 

Apresiasi GTK 2024 merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang telah memberikan layanan pendidikan secara baik bagi para murid serta memiliki semangat belajar, berkarya, dan berbagi sesuai dengan visi Merdeka Belajar. Penghargaan diberikan karena GTK memiliki praktik baik dalam mengimplementasikan kepemimpinan/pendampingan/ implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi yang dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya.

 

Berdasarkan Juknis atau Petunjuk Teknis Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Tahun 2024, Terdapat 4 kategori apresiasi GTK 2024 yakni adalah kategori GTK Inovatif, kategori GTK Dedikatif, kategori GTK Inspiratif, dan kategori Terima Kasih Guruku

 

Apresiasi GTK 2024 merukan wahana berbaagi Pengalaman belajar, berkarya, dan berbagi bersama rekan guru dan tenaga kependidikan yang karyanya sama-sama terpilih pada Apresiasi GTK, mendapatkan komunitas belajar baru, menginspirasi guru dan tenaga kependidikan lainnya, mendapatkan hadiah, berkesempatan mengikuti puncak perayaan Hari Guru Nasional 2024 di Jakarta. Serta Untuk kategori Terima Kasih Guruku, merupakan wahana bagi peserta didik untuk memberikan kado/hadiah kepada satu guru untuk berangkat ke Jakarta mengikuti Puncak Hari Guru Nasional 2024.

 

Selanjutnya dinyatakan dalam Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Tahun 2024 bahwa Peserta Apresiasi GTK 2024 adalah

1) Pendidik, yakni Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB; Pendidik PAUD dan Pamong Belajar, dan Guru Pembimbing Khusus

2) Tendik Lainnya, yakni Laboran; Pustakawan; Tenaga Administrasi Sekolah dan Kepala Satuan PAUD

3) Pengawas Sekolah/Penilik, yakni Pengawas Pendidikan Dasar (TK/SD/SMP); Pengawas Dikmen dan Diksus (SMA/SMK/SLB); Penilik

4) Kepala Sekolah, yakni Kepala TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB

 

Bagaimana Tata Cara Pendaftaran Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Tahun 2024 ?

 

A. Kategori GTK Inovatif

1) Alur Pendaftaran

Juknis Apresiasi GTK Tahun 2024 Kategori Kategori Apresiasi GTK Inovatif


Keterangan :

1.        Para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 mengisi formulir pendaftaran pada laman https://gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk.

2.        Pada saat mengisi formulir pendaftaran para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 akan diminta mengisi akun belajar.id yang dimiliki oleh para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024.

3.        Apabila calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 belum memiliki akun belajar.id maka calon peserta dapat mengajukan akun belajar.id melalui laman www.belajar.id pada tombol butuh bantuan.

4.        Admin belajar.id akan melakukan verifikasi terkait pengajuan usulan akun belajar.id berdasarkan data dan bukti persyaratan yang diunggah para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024.

5.        Apabila seluruh persyaratan pengajuan akun belajar.id terkait pendaftaran calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 terpenuhi maka tim generate akun belajar.id akan mengirimkan akun belajar.id ke email calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024.

6.        Para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 wajib melakukan aktivasi akun belajar.id sebelum melengkapi persyaratan pendaftaran lainnya dengan cara login kembali ke dalam formulir pendaftaran calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024.

7.        Para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 menautkan link video di PMM.

8.        Pada formulir pendaftaran calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024, setelah calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 melengkapi akun belajar.id, maka selanjutnya para calon peserta:

9.        mengunggah dokumen pendukung yang dipersyaratkan,

10.    mengisi tautan bukti karya video di PMM, dan

11.    mengunggah naskah terkait video.

12.    Setelah semua persyaratan terpenuhi maka para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 telah terdaftar sebagai peserta apresiasi Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024.

 

2. Tata cara unggah bukti karya Kategori GTK Inovatif


Tata cara unggah bukti karya Kategori GTK Inovatif

Bagi apresiasi GTK Inovatif tata cara unggah bukti karya sebagaimana diagram alir berikut

1.         Keterangan :

2.         Para calon peserta Apresiasi GTK Inovatif Tahun 2024 diwajibkan login kedalam PMM menggunakan akun https://gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk yang dimiliki.

3.         Selanjutnya para calon peserta Apresiasi GTK Inovatif Tahun 2024 masuk ke menu bukti karya didalam PMM dan memilih fitur “Tambah Karya Saya”

4.         Setelah para calon peserta Apresiasi GTK Inovatif Tahun 2024 berhasil masuk ke fitur 'Tambah karya saya' maka selanjutnya para peserta diwajibkan memilih kategori karya sesuai dengan persyaratan sebagai berikut:

5.         Praktik Pembelajaran: Guru TK, Guru SD, Guru SMP, Guru SMA, Guru SMK, Guru SLB, Guru GPK, Pendidik PAUD dan Pamong Belajar.

6.         Kepemimpinan Sekolah: Kepala Sekolah (TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB), Pengawas Sekolah (TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB), dan Penilik.

Note: Bentuk karya yang diupload kedalam PMM adalah jenis bentuk karya “video”.

7.         Setelah semua persyaratan terpenuhi maka para calon peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif Tahun 2024 telah terdaftar sebagai peserta apresiasi Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif dan Inspiratif Tahun 2024.

8.         Apabila para calon peserta Apresiasi GTK Inovatif 2024 sudah memiliki bukti karya di akun youtube channel yang dimilikinya maka para calon peserta Apresiasi GTK Inovatif 2024 cukup memilih menu “sudah memiliki bukti karya di akun youtube” dan selanjutnya login ke akun youtube miliknya melalui PMM serta memberikan akses yang dibutuhkan.

9.         Para calon peserta Apresiasi GTK Inovatif 2024 diwajibkan memilih 1 (satu) buah video yang sudah terdapat didalam akun youtube channel milik nya untuk di upload ke dalam fitur bukti karya di dalam PMM serta mengisi judul, deskripsi video, kategori video, mata pelajaran, kelas dan mencheck list persetujuan persyaratan layanan dan ketentuan privasi sebelum menyimpan video di PMM. Pada deskripsi Bukti Karya, peserta apresiasi GTK Inovatif wajib mencantumkan tagar #HGN2024 dan tagar sesuai dengan konten video.

10.      Contoh: #HGN2024 #AsesmenPembelajaran untuk peserta yang mengunggah konten Asesmen Pembelajaran.

Note : Pastikan video tidak private dan terbuka untuk umum (public)

11.      Setelah bukti karya terupload di dalam PMM maka calon peserta Apresiasi GTK Inovatif 2024 dapat mengklik bagikan bukti karya dan mencopy link bukti karya untuk di copy paste didalam form pendaftaran calon peserta Apresiasi GTK Inovatif 2024 dalam format : https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/...

 

3. Jadwal Pendaftaran dan unggah bukti karya Kategori GTK Inovatif tahun 2024

1. Pendaftaran melalui Laman Apresiasi GTK 7 September - 8 Oktober 2024

2. Unggah Bukti Karya melalui PMM 7 September - 8 Oktober 2024

3. Penilaian Administrasi oleh Tim Kerja BBGP/BGP 8-12 Oktober 2024

4. Penilaian Substansi dan Wawancara di Tingkat Provinsi 14-28 Oktober 2024

5. Penetapan Peringkat di Tingkat Provinsi 30 Oktober 2024

6. Pemanggilan Peserta 11 November 2024

7. Penilaian Substansi dan Wawancara Pusat 20-23 November 2024

8. Penetapan Peringkat di Tingkat Pusat 23 November 2024

9. Pemberian Hadiah 25 November 2024

*Jadwal bersifat tentatif

 

B. Alur dan Jadwal Pendaftaran Apresiasi GTK Tahun 2024 Kategori Apresiasi GTK Dedikatif


1) Alur Kategori GTK Dedikatif.

Tata cara pendaftaran peserta dalam mengikuti kegiatan Apresiasi GTK Dedikatif mengikuti alur pendaftaran sebagai berikut.

 

Alur Kategori GTK Dedikatif Tahun 2024

Keterangan:

1.        GTK Berdedikasi diusulkan oleh dinas pendidikan setempat, tokoh masyarakat, organisasi profesi, wartawan, dan/atau masyarakat umum kepada BBGP/BGP dalam bentuk portofolio tertulis (dapat berupa tulisan tangan) dan dapat disertai foto/video dokumentasi pendukung praktik baik di bidang pembelajaran.

2.        Selanjutnya BBGP/BGP bersama Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota mengidentifikasi sosok GTK yang telah mengabdikan dirinya di daerah khusus dan telah menunjukkan keberhasilan dalam mengatasi permasalahan pendidikan atau pembelajaran.

3.        Identifikasi dapat dilakukan melalui media mainstream (media cetak dan elektronik), media digital (detik.com, website, dan yang sejenis), serta media sosial (Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Podcast, dan yang sejenis).

4.        Jika hasil identifikasi tidak memenuhi syarat maka dianggap tidak lolos, jika hasil identifikasi memenuhi syarat maka dapat dilakukan proses selanjutnya.

5.        BBGP/BGP menetapkan dan mengunggah bukti karya kedalam daftar calon penerima Apresiasi GTK berdedikasi kedalam basis data untuk mengikuti seleksi Apresiasi GTK Berdedikasi tingkat nasional tahun 2024.

 

2) Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Kategori GTK Dedikatif.

1. Pendaftaran melalui Laman Apresiasi GTK 7 September - 8 Oktober 2024

2. Unggah Bukti Karya melalui PMM 7 September - 8 Oktober 2024

3. Penilaian Administrasi oleh Tim Kerja BBGP/BGP 8-12 Oktober 2024

4. Penilaian Substansi dan Wawancara di Tingkat Provinsi 14-28 Oktober 2024

5. Penetapan Peringkat di Tingkat Provinsi 30 Oktober 2024

6. Pemanggilan Peserta 11 November 2024

7. Penilaian Substansi dan Wawancara Pusat 20-23 November 2024

8. Penetapan Peringkat di Tingkat Pusat 23 November 2024

9. Pemberian Hadiah 25 November 2024

 

C. Alur dan Jadwal Pendaftaran Kategori Apresiasi GTK Dedikatif

1. Alur Pendaftaran Kategori Apresiasi GTK Dedikatif

Untuk Kategori Apresiasi GTK Inspiratif tidak perlu melakukan pendaftaran melalui laman apresiasi GTK karena data nominasi peserta akan diambil dari PMM.

2. Jadwal Pendaftaran Kategori Apresiasi GTK Dedikatif

1. Penarikan Data Bukti Karya di PMM 2-6 Oktober 2024

2. Seleksi Awal 9-13 Oktober 2024

3. Penetapan Kandidat Terpilih 16 Oktober 2024

4. Pemanggilan Kandidat Terpilih 16-17 Oktober 2024

5. Seleksi Tahap 2 (Wawancara) 23-31 Oktober 2024

6. Penetapan Peringkat 6 November 2024

7. Pemberian Hadiah 25 November 2024

*Jadwal bersifat tentatif

 

D. Alur dan jadwal Pendaftaran Kategori Terima Kasih Guruku

1. Alur Pendaftaran Kategori Terima Kasih Guruku

Tata cara pendaftaran peserta apresiasi Terima Kasih Guruku mengikuti alur pendaftaran sebagai berikut.

 

Jadwal Pendaftaran  Apresiasi GTK Tahun 2024

Keterangan :

1.     Para calon peserta Terima Kasih Guruku mengikuti (following) akun Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud dan @kurikulum.merdeka.

2.     Calon peserta mengunggah karya foto atau video yang telah dibuat melalui akun instagram masing-masing dengan memberikan tanda (tag) @ditjen.gtk.kemdikbud dan @kurikulum.merdeka pada karya yang diunggah.

3.     Menyertakan takarir (caption) maksimal 2.200 karakter yang berisi nama lengkap dan satuan pendidikan, cerita apresiasi/ucapan terima kasih kepada satu orang guru serta pengalaman belajar dengan kurikulum merdeka bersama guru tersebut.

4.     Setelah mengunggah karya para akun masing-masing, para calon peserta Terima Kasih Guruku mengisi formulir pendaftaran pada tautan https://bit.ly/terimakasihguruku2024 .

5.     Para calon peserta Terima Kasih Guruku menautkan hasil karyanya yang telah diunggah di Instagram pada formulir pendaftaran.

6.     Pastikan bahwa karya yang ditautkan telah memenuhi persyaratan sebelum ditautkan pada formulir pendaftaran.

7.     Setelah semua persyaratan terpenuhi maka para calon peserta Terima Kasih Guruku telah terdaftar sebagai peserta Terima Kasih Guruku Tahun 2024.


2. Jadwal Pendaftaran dan seleksi Kategori Terima Kasih Guruku

1. Unggah karya foto atau video reels melalui Instagram 7 September - 8 Oktober 2024

2. Pendaftaran melalui https://bit.ly/terimakasihguruku2024 tanggal 7 September - 8 Oktober 2024

3. Penilaian Karya 8 Oktober - 10 November 2024

4. Pemanggilan Peserta 11 November 2024

5. Penilaian Substansi dan Wawancara Pusat 20-23 November 2024

6. Penetapan Peringkat 23 November 2024

7. Pemberian Hadiah 25 November 2024

 

Link download Baca lengkap Petunjuk Teknis Juknis (Pedoman) Apresiasi GTK Tahun 2024 DISINI

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis Juknis Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.