Contoh Program Kerja Wakasek Kurikulum SMP SMA SMK Tahun 2023-2024

Link Download Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 doc-word


Link Download Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMP SMA SMK Tahun 2023-2024. Program kerja bidang kurikulum merupakan uraian kerja, tujuan, indicator ketercapaian, dan unsur yang terlibat dalam kegiatan yang direncanakan oleh bidang kurikulum SMP SMA SMK. Dasar penyusunan program kerja bidang kurikulum adalah sasaran mutu, dan sasaran kerja, serta rencana kerja tahunan SMP SMA SMK Tahun berjalan.

 

Dalam Contoh Program Kerja Wakil Kepala Sekolag atau Wakasek Bidang Kurikulum SMP SMA SMK Tahun 2023-2024, Beberapa program sekolah yang menjadi kewenangan Wakil Kepala Sekolah atau Wakasek Bidang Kurikulum SMP SMA SMK Tahun 2023-2024 antara lain Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum, Penyusunan Kalender Pendidikan, Pembagian Tugas Mengajara dan Jadwal Pembelajaran, Penyusunan Rencana Persiapan Pembelajaran (Administrasi Guru), Proses Penyusunan Administrasi Pendidikan, Memastikan terlaksananya Proses Pembelajaran, Pelaksanaan Supervisi Guru, Memastikan terlaksananya Soal dalam Ujian Semester / Asesmen Sumatif.

 

1. Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan  pelajaran  serta  cara  yang  digunakan  sebagai  pedoman  penyelenggaraan  kegiatan pembelajaran. KTSP/KOSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di satuan pendidikan SMP SMA SMK ..........  KTSP/KOSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan,  struktur  dan  muatan  kurikulum  tingkat  satuan  pendidikan,  kalender pendidikan, dan silabus.

 

Kegiatan penyusunan kurikulum mencakup : memastikan tersusunnya kurikulum KTSP/KOSP, meliputi; a)  Pelaksanaan penyusunan/revisi kurikulum KTSP (Kurikulum 2013); b)  Penyusunan dokumen kurikulum KTSP/KOSP (Kur 2013-KUMER) serta dokumen Silbuas, RPP atau Modul Ajar untuk KUMER; c)  Memastikan pengesahan kurikulum KTSP SMP SMA SMK ......... Dalam  pelaksanaannya  Wakasek  Bidang  Kurikulum berkoordinasi  dengan  pengawas bina di sekolah masing.

 

2.  Penyusunan Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah kalender yang memuat rencana kegiatan pendidikan selama satu tahun pelajaran di satuan pendidikan SMP SMA SMK .......... Kegiatan yang harus dimuat dan dilaksanakan dalam kalender pendidikan meliputi ; a)  Awal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) b)  Menentukan waktu MOS/MOPD siswa baru;  c)  Menentukan waktu belajar Semester Ganjil dan Semester Genap; d)   Menentukan waktu Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, Asesmen Akhir (Ujian Sekolah, UKK); f)  Menentukan masa Remedial ; g)  Menentukan waktu Pembagian Raport ; h)  Menentukan masa libur sekolah. 

 

Wakasek  Bidang  Kurikulum  bertanggungjawab  untuk  memastikan  tersusun  dan terlaksananya  kalender  pendidikan.  Dalam  pelaksanaan  tugasnya,  Wakasek.  Bidang Kurikulum berkoordinasi dengan Ketua Program Studi.

 

3.  Pembagian Tugas Mengajara Dan Jadwal Pembelajaran

Pembagian tugas guru mengajar dan jadwal pembelajaran adalah suatu proses  untuk menetapkan    pembagian  tugas  guru,  jadwal  pembelajaran  dan  pembagian  tugas  guru lainnya di SMP SMA SMK ..........  Kegiatan ini mencakup dalam penetapan pembagian tugas guru, tugas lainnya dan jadwal pembelajaran ini adalah semua aktivitas penyusunan pembagian tugas dan jadwal pembelajaran yang diselenggarakan/ditetapkan oleh SMP SMA SMK .........meliputi : a)  Menyusun SK/Surat Ketetapan beserta Kepala Sekolah tentang Penetapan Pembagian Tugas Mengajar Guru dan Tugas Tambahan lainnya kemudian disahkan oleh Kepala Sekolah; b)  Penyusunan jadwal pembelajaran selama satu semester Tanggung  jawab  untuk  memastikan bahwa  pembagian  tugas jam  mengajar dan jadwal  pembelajaran    terletak  pada  Wakil  Kepala  Sekolah  bidang Kurikulum.  Wakasek Kurikulum berkoordinasi dengan  Ketua Kompetensi Keahlian. 

 

4.  Penyusunan Rencana Persiapan Pembelajaran (Administrasi Guru)

Yang dimaksud dengan penyusunan Rencana Persiapan Pembelajaran adalah aktifitas dalam  penyusunan/penulisan perangkat  persiapan  pembelajaran. Kegiatan penyususnan persiapan pembelajaran ini  meliputi : a)  Analisis/validasi kurikulum (Silabus, SKL), KTSP Buku 1, 2; b)  Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan administrasinya; c)  Penyiapan alat bantu/media  pembelajaran. Tanggung  jawab  untuk  memastikan  bahwa  perangkat  persiapan  pembelajaran  telah tersedia pada Wakasek Kurikulum serta berkoordinasi dengan Ketua Kompetensi Keahlian.

 

5.  Proses Penyusunan Administrasi Pendidikan

Yang  dimaksud  dengan  proses  administrasi  adalah  kegiatan  yang  mencakup administrasi  guru  dan  administrasi  pendidikan. Administrasi  pendidikan  adalah  seluruh perangkat yang dibuat untuk memperlancar proses belajar mengajar di SMP SMA SMK .......... Kegiatan  yang mencakup  dalam  pelaksanaan  proses  administrasi  di  SMP SMA SMK ......... meliputi :  a)  Penyusunan Perangkat Pembelajaran; b)  Penyusunan Perangkat Pendukung Pembelajaran; c)  Pembuatan laporan kegiatan dari program bidang Kurikulum. Adapun Tanggung  jawab  untuk memastikan bahwa proses  administrasi  terlaksana  dengan baik terletak pada Wakasek Kurikulum. Wakasek Kurikulum berkoordinasi dengan Ketua Kompetensi Keahlian.

 

6.  Administrasi Guru

Administrasi  adalah  keseluruhan  proses  kerjasama  antara  dua  orang  manusia  atau lebih  yang  didasarkan  atas  rasionalitas  tertentu  untuk  mencapai  tujuan  dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat merencanakan, mengorganisir dan memimpin. Administrasi  Guru  adalah  proses  memanfaatkan  sumberdaya  Guru  melalui  kerja sama sejumlah orang dengan melaksanakan fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, untuk mencapai tujuan.  Guru secara efektif dan efesien harus membuat Administrasi Guru yang mencakup: a)  Perencanaan  dan  pelaksanaan SDM  peserta  didik,  tenaga  Guru  dan  masyarakat pemakai jasa Guru; b)  Perencanaan Sumber Belajar; c.  Evaluasi dan Analisis. Tugas Wakasek Bidang Kurikulum adalah memastikan telah dibuatnya Administrasi Guru.

 

7.  Proses Pembelajaran

Yang dimaksud dengan proses pembelajaran adalah seluruh kegiatan yang dilakukan dalam  proses  belajar  mengajar  di  SMP SMA SMK ......... yang  terdiri  dari  pembelajaran terori, praktek dan projek. Kegiatan  yang  dicakup  dalam  pelaksanaan  proses    pembelajaran    di  SMP SMA SMK ......... pada umum meliputi : a)  Pembelajaran teori; b)  Pembelajaran praktik di sekolah; c) Pembelajaran Berbasis Projek; d)  Pembelajaran  praktik  di Dunia Usaha/Industri sesuai  dengan  kompetensi  keahlian khusus SMK. Tanggung  jawab  untuk    memastikan  proses  pembelajaran  terlaksana  dengan  baik terletak  pada  Kepala sekolah yang dibantu oleh Wakasek  Kurikulum.

 

 

8.  Pelaksanaan Supervisi Guru

Yang  dimaksud  dengan Supervisi Guru  adalah  mengamati  pelaksanaan  proses  pembelajaran secara langsung pada guru mata pelajaran yang sedang melaksanakan KBM,  sekaligus  memberikan  masukan  untuk  perbaikan.  Kegiatan  pelaksanaan  supervisi  pembelajaran meliputi : a)  Pembentukan tim sepervisi pembelajaran;  b)  Penyusunan perangkat supervisi pembelajaran; c)  Pelaksanaan supervisi pembelajaran; d)  Pelaporan hasil supervisi pembelajaran; e)  Tindak lanjut hasil supervisi pembelajaran.

Tanggungjawab untuk memastikan bahwa supervisi pembelajaran terlaksana dengan baik  terletak  pada  Kepala Sekolah yang dibantu oleh Wakasek  Kurikulum  dengan tim  supervisi  pembelajaran yang sudah dibentuk

 

9.  Pengendalian Soal dalam Ujian Semester / Asesmen Sumatif

Pengendalian  soal  dilakukan  untuk  mempermudah  penanganan/pengendalian  soal-soal  yang  akan  disajikan pada  Ujian maupun  sesudah  disajikan  pada  Ujian.  Kegiatan pengendalian soal meliputi: a)  Pembentukan Tim Pengendalian Soal-soal; b)  Penyusunan Perangkat Pengendalian Soal-soal; c)  Pelaksanaan Pengendalian Soal-soal; d)  Pelaporan hasil pengendalian Soal-soal; e)  Tindak Lanjut Pengendalian Soal-soal. Kepala  Sekolah  membuat  SK penunjukan  kepanitiaan dalam  setiap  kegiatan  Ujian, meliputi; Penilaian Tengah  Semester  (PTS),  Penilaian Akhir  Semester  (PAS),  Penilaian Akhir  Tahun  (PAT),  Ujian  Sekolah,  Persiapan  Asesemen Nasional  (AN) .  Ketua Panitia menunjuk salah satu anggota panita yang bertugas mengkoordinir penyusun naskah  soal sekaligus sebagai pengendali. Ketua Panitia bertanggungjawab atas pengendalian soal-soal.  Soal dibuat berdasarkan petunjuk pelaksanaan setiap ujian. Pengumpulan soal-soal terkoordinasi melalui Ketua Panitia dan koordinator soal ujian. Ketua Panitia mengarsipkan semua  soal  Mata  pelajaran.  Ketua  panitia  bertanggungjawab  kepada  Wakasek  Bidang Kurikulum.

 

10. Evaluasi Pembelajaran

Yang  dimaksud  dengan  prosedur  evaluasi pembelajaran  adalah  proses pengukuran kompetensi yang dimiliki siswa. Kegiatan prosedur evaluasi pembelajaran meliputi : a)  Uji Kompetensi/Sub Kompetensi; b) Uji Kompetensi Produktif untuk SMK; c.  Asesmen Sumatif Semester (PTS, PAS, PAT); d) Asesmen Sekolah atau Ujian Akhir Sekolah. Tanggung jawab  untuk memastikan evaluasi pembelajaran  terlaksana dengan baik dan tepat waktu terletak pada  Kepala sekolah yang dibantu oleh Wakasek Kurikulum.

 

11.  Pengelolaan Piket Harian (c.q. Wakil Kepala Sekolah)

Pengelolaan  piket  harian  adalah  semua  kegiatan  yang  dilakukan  dalam  mengawasi keterlaksanaan proses pembelajaran yang terjadi setiap hari. Kegiatan pengelolaan piket harian meliputi : a)  Pembuatan jadwal dan pembagian tugas piket harian; b)  Pelaksanaan piket harian c)  Pengawasan pelaksanaan piket harian; d)  Evaluasi dan pelaporan;  e)  Tindaklanjut. Pelaksana Piket Harian untuk Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 adalah dari unsur Wakil Kepala Sekolah ditambah guru senior. Wakasek Bidang Kurikulum bertanggungjawab terhadap kelancaran piket harian ini.

 

12. Pengendalian Guru Tidak Masuk

Guru yang berhalangan hadir adalah guru yang pada hari itu ditugasi mengajar atau piket  atau  tugas  lain  dari  sekolah,  tetapi  oleh  sesuatu  dan  lain  hal  tidak  dapat  masuk  ke sekolah. Pelaksanaan pengendalian guru tidak masuk meliputi : a) Guru yang tidak masuk dengan pemberitahuan; b(  Guru yang tidak masuk tanpa pemberitahuan. Wakasek  Bidang  Kurikulum bertanggung  jawab untuk memastikan bahwa guru yang berhalangan hadir tidak mengganggu proses belajar mengajar.  Petugas  sehari-hari  dalam  pengontrolan  dan  pengendalian  guru  tidak  masuk adalah  petugas  yang  merangkap  dengan  petugas  piket  harian,  hasil  laporan guru  tidak masuk  disampaikan  ke  Wakasek  Kurikulum. Dalam  menjalankan  tugasnya petugas  piket bertanggung jawab ke Wakasek Bidang Kurikulum dan atau  Kepala Kompetensi Keahlian. 

 

13.  Supervisi Lingkungan Kelas

Supervisi  adalah  mengamati  secara  langsung  suatu  kegiatan  sekaligus  memberikan masukan dan perbaikan. Supervisi administrasi dan lingkungan kelas adalah pengamatan dan  penilaian  secara  langsung  terhadap  kelengkapan  administrasi  dan  lingkungan  kelas, Kelengkapan administrasi kelas meliputi;  Lembar Daftar Hadir Siswa ;  Buku Monitoring Pembelajaran/Kompetensi;  Papan Absen;  Agenda Kelas ; Daftar Inventaris Ruangan;  Struktur Organisasi Kelas; Jadwal Pelajaran  dan   Jadwal Petugas Kebersihan. Lingkungan kelas meliputi kebersihan kelas, kerapian kelas, tata letak perlengkapan kelas, penerangan, sirkulasi udara. Perlengkapan  kelas  meliputi  papan  tulis,  penghapus,  penggaris,  alat  tulis,  papan tulis/white board, alat kebersihan tangan, bendera merah putih, gambar lambang negara, presiden/wakil presiden, gambar/denah meja dan kursi siswa dan guru. Penanggung jawab supervisi administrasi dan lingkungan kelas adalah Wakasek Bidang Kurikulum berkoordinasi  dengan  Wakasek  Kesiswaan  dan  Wakasek  Sarana Prasaran. Wakasek

 

14.  Peningkatan Kemampuan Profesi Pendidik

Program  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan    para  pendidk dalam  tugasnya sebagai pengajar dan membuka cakrawala  pendidik terhadap informasi dan hal baru dalam dunia  pendidikan  dan  dukungannya,  sehingga  amanat  kompetensi  guru  sesuai  aturan perundangan  pemerintah  dapat  terwujud,  kegiatan  ini  bisa  dalam  bentuk  IHT  (In  House Training, Workshop,  Tutorial Guru Jurusan).

 

15.  Penanganan Keluhan Pelanggan

Wakasek  Kurikulumn  bertanggung  jawab  untuk  mengkoordinasikan  penanganan keluhan pelanggan  yang  diterima.  Keluhan  pelanggan  dicatat  dalam  lembar  keluhan pelanggan  dan  diserahkan  kepada  pihak  yang  terkait  untuk  dilakukan  tindak  lanjut yang diperlukan. Tindak lanjut yang dilakukan  harus dipastikan telah menyelesaikan masalah yang terjadi.

 

Untuk Ada yang membutuhkan Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMP SMA SMK, berikut admin berikan beberapa link download contoh program  kurikulum SMP SMA SMK.

 

Link Download Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMP DISINI

Link Download Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMA DISINI

Link Download Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMK DISINI

 

Demikian informasi tentang Link Download Contoh Program Kerja Wakil Kepala  atau Wakasek Kurikulum SMP SMA SMK Tahun 2023-2024. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter