Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STIS Tahun Akademik 2021-2022


Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STIS Tahun Akademik 2021-2022. Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022 disampaikan dalam Pengumuman Kepala Badan Pusat Statistik Nomor: B=074/01000/03/2021 tentang Penerimaan Calon Mahasiswa Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/0222.


Dalam pengumuman tentang dibukanya Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022, disampaikan bahwa Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/351/M.SM.01.00/2021 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi Politeknik Statistika STIS Tahun Anggaran 2021, maka Politeknik Statistika STIS - Badan Pusat Statistik akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:

·           Program Studi Statistika Program Diploma III — 140 mahasiswa

·           Program Studi Statistika Program Diploma IV — 250 mahasiswa

·           Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV — 210 mahasiswa

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia.

Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

 

Adapun Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021-2022 adalah mulai tanggal 9 – 30 April 2021 melalui laman sscasn.bkn.go.id dan pada portal dikdin.bkn.go.id. Bagi para siswa lulusan SMA/MA/SMK sederjat yang berminat melajutkan kuliah di Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022, berikut ini penejalasan tentang Sistem seleksi Persyaratan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Pendaftaran Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022 serta penjelasan lainnya

 

Sistem Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun akademik 2021/2022 ikatan dinas dilakukan dalam 3 (tiga) tahap sebagai berikut:

a. Tahap I : Seleksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.

b. Tahap II : Matematika dan Psikotes, menggunakan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer.

c. Tahap III : Kesehatan dan Kebugaran. Pada setiap tahapan berlaku sistem gugur.

 

Persyaratan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022. Untuk dapat mengikuti proses seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, peserta memenuhi syarat-syarat berikut:

Persyaratan Umum Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022

1) Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;

2) Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;

3) Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS dan SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika;

4) Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa lnggris minimal 80,00 (skala I s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada ljazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;

5) Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per I September2021;

6) Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;

7) Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;

8) Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;

9) Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;

10) Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/ Kementerian/ Lembaga/ lnstansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampal tingkat Kabupaten/Kota;

 

Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022 adalah diperuntukan bagi yang berdomisili (sesuai kartu keluarga) di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, KaIimantan Tengah, KaIi mantan Barat, KaIimantan SeIatan, KaIimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

 

Prosedur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021/2022. Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dan mana pun, dengan cara sebagai benkut:

a. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (N 1K) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

b. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

C. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi data/dokumen yang menjadi persyaratan.

d. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.

e. Pendaftar menerima konfirmasi hasil verifikasi administrasi di portal SSCASN.

f. Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi, pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.

g. Pendaftar melengkapi data/dokumen yang diperlukan instansi, serta memverifikasi email untuk mendapatkan Kode Pembayaran.

h. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.

I. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).

j. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

k. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

 

Biayaseleksi

Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (bga ratus ribu rupiah) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemenntah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawalan Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

 

Berikut Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STIS Tahun Akademik 2021/2022 berikut dengan jadwal pelaksanaan seleksi, jadwal pengumuman dan lainnya.


Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STIS Tahun Akademik 2021/202



Lokasi ujian di 34 ibukota provinsi seluruh Indonesia.

 

Website Resmi Dan Alamat Panitia Pelaksana

a. Segala informasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan media sosial twitter: @STISJKT; fanpage facebook: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official); Instagram: @polstatstis.

b. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. TeIp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB TeIp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin - Jumat, Pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB)

c. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.qo.id

 

Demikain informasi tentang Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Statistika STIS Tahun Akademik 2021-2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post