Berikut
ini contoh Soal Latihan UAS atau
Penilaian Akhir Semester 1 IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013
1.
Selain Indonesia, Negara yang memiliki kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan
Australia
b. Brazil dan
Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
2.
Tari Pendet berasal dari daerah
a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara
3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi
dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal
4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut
juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal
5. Negara maju
yang sumber daya
alamnya terbatas tetapi
sumber daya manusianya
berkualitas adalah.
a. Amerika Serikat c.
Jerman
b. Australia d. Jepang
Lanjutan
contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian
Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013
6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai
negara maju adalah ... .
a. Jepang dan
Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea
Selatan
7. Salah satu ciri utama kegiatan ekonomi negara-negara
maju adalah adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang bukan
merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian adalah ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit
unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang
kosong
8. Indonesia
menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal laut dari
negara lain, yaitu.
a. Selat Sunda c.
Selat Malaka
b. Selat Bali d.
Jawaban a,b, dan c benar
9. Dalam bidang kependudukan, yang dapat dijadikan
sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara adalah ... .
a. penduduknya padat
di wilayah pedesaan
b. pendapatan per
kapita tinggi
c. tingkat
pengangguran tinggi
d. tingkat buta huruf
tinggi
10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai
negara industri baru adalah ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura
Lanjutan
contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian
Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
11.
Berdasarkan ciri atau
karakteristiknya, negara berikut
tidak tergolong negara maju,
yaitu.
a. Australia c.
Kanada
b. Perancis d.
India
12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang
pertanian adalah ... .
a. berorientasi
ekspor
b. sudah menggunakan
mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal
13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk
negara maju memiliki tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan
terlatih
14. Angka kematian bayi di negara berkembang dan negara
terbelakang adalah ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali
15. Perang Pasifik yang menjadi bagian dari Perang Dunia
II, yaitu diawali dengan peristiwa ... .
a. pendudukan Saipan
di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang
terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang
terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang
atas pangkalan Ang-katan Laut Amerika Serikat.
Lanjutan
contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian
Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
16. Semangat chauvinistis
yang digencarkan Jerman memiliki pengertian ... .
a. kesetiaan
berlebihan pada negara sendiri
b. perlindungan
negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi
sebuah negara
d. kemampuan ekonomi
negara
17.
Kebijaksanaan kependudukan yang
sering ditempuh oleh
negara-negara berkembang pada umumnya adalah ….
a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b. melaksanakan urbanisasi
c. menghapus kemelaratan
d. pembangunan di segala bidang
18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan
kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi
suatu negara
d. merkantilisme
19. Tujuan
diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a. memajukan perusahaan daerah
b. memberikan kredit lunak untuk para pengusaha
pribumi
c. melindungi
pengusaha pribumi dari
persaingan dengan pengusaha nonpribumi
d. memberikan
fasilitas bea ekspor bagi pengusaha non pribumi
20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 adalah ... .
a. demiliterisasi
angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau
Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili semua
tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia
oleh pasukan Amerika Serikat
Lanjutan
contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian
Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang
Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia,
Belgia
b. Italia, Jerman,
Inggris
c. Jerman, Italia,
Jepang
d. Jerman, Prancis,
Inggris
22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San
Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus
membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus
memberikan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
c. mengadili semua
penjahat perang
d. Jepang harus
memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I
ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan
Sulawesi
d. Sumatera dan
Kalimantan
24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah
pendudukan Jepang di Indonesia adalah ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai
25. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut!
1). perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap
penduduk
2). adanya pertumbuhan penduduk
3). adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4). penyebaran penduduk yang tidak merata
5). kondisi struktur penduduk yang kurang
menguntungkan
Dari lima pernyataan
di atas, yang merupakan sumber masalah kependudukan yang diakibatkan oleh
pertumbuhan penduduk adalah….
a. 1)
c. 3) dan 4)
b. 2)
d. 4) dan 5)
Lanjutan
contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian
Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
c. K.H. Mas Mansyur
b. Syahrir
d. Mr. Syamsudin
27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda
menyerah kepada Jepang di ... .
a. Karawang b. Kalijati
c. Tuntang d. Tasikmalaya
29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl
Harbour di Hawaii, sebuah pangkal-an laut milik negara ... .
a. Inggris b.
Belanda
c. Amerika Serikat d. Jerman
30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan,
maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibentuk organisasi
... .
a. Putera b. Parindra
c. MIAI d. Masyumi
31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan
berkembang oleh Jepang adalah ... .
a. MIAI b. Muhamadiyah
c. Masyumi d. Nahdlatul Ulama
32. Perhatikan
pernyataan berikut!
1). Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq
Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2). Bentuk kerja sama ekonomi antara pengusaha
pribumi dan nonpribumi.
3). Menekankan pada kebijakan Indonesianisasi
yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional
pribumi.
Sistem ekonomi yang
sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a. sistem ekonomi Gerakan Benteng
b. sistem ekonomi Rencana Soemitro
c. sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi
Gunting Syafrudin
33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melakukan
taktik kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali ... .
a. Ir. Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo
34. Tujuan Jepang membentuk Seinendan adalah ... .
a. melatih para
pemuda agar dapat memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para
pemuda agar pandai meng-olah kekayaan alam
c. melatih para
pemuda agar mahir menggu-nakan senjata
d. melatih para
pemuda untuk berperang
35. Perhatikan beberapa perguruan tinggi berikut!
1). Universitas Gadjah Mada
2). Universitas Andalas
3). Universitas Padjajaran
4). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5). Universitas Kristen Indonesia
6). Akademi Pelayaran
Dari beberapa
perguruan tinggi di
atas, perguruan tinggi
yang didirikan
pada masa awal
kemerdekaan adalah ….
a. (1)
b. (2)
c. (3) dan (4)
d. (5) dan (6)
Lanjutan
contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian
Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2017 2018 2019
II.
Jawablah Pertanyaan di bawah ini
1. Mengapa
Indonesia sampai saat
ini belum dikelompokkan
sebagai salah satu negara maju di dunia?
2. Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam
Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.
3. Jelaskan
kondisi hubungan Indonesia
dengan salah satu
negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!
4. Apa
hubungan antara Dekrit
Presiden 1959 dengan
berakhirnya masa Demokrasi
Liberal?
5. Mengapa usaha inventarisasi, dokumentasi, dan
penelitian warisan budaya nasional perlu dilakukan?
om ini ga ada kunci jawabannya ya? biar kalo kita abis jawab tau yang bener sama yang salah yang mana